Salip Google, TikTok Kini Jadi Domain Terpopuler Sejagad

Beberapa Istilah Di TikTok yang Sebaiknya Kalian Ketahui

recode.ID – Platform berbagi video pendek TitTok pertama kali dirilis pada September 2016 silam. Pada 2021, lima tahun sejak dirilis, kepopuleran TikTok sekarang sudah mampu menyaingi bahkan melampaui nama raksasa teknologi Google.

Setidaknya begitulah hasil laporan yang di keluarkan oleh CloudFlare, sebuah perusahaan keamanan dan infrastruktur Internet, dimana dalam laporannya terkait lalu lintas internet, baik itu pada aplikasi, situs web, dan perangkat IoT menempatkan TikTok pada peringkat teratas nama domain paling populer sejagad saat ini.

Dalam laporan tersebut di sebutkan, berdasarkan besaran lalu lintas internet yang telah masuk ke domain masing-masing situs atau aplikasi tertentu, TikTok  menempati posisi pertama dalam kategori Top 10 Most Popular Domains 2021.

Dengan demikian, platform berbagai video pendek ini menggeser dominasi media sosial atau situs besar seperti Google, Facebook Microsoft, Apple, Amazon, Netflix, YouTube, Twitter, hingga aplikasi pesan WhatsApp.

Salip Google, TikTok Kini Jadi Domain Terpopuler Sejagad

Sekedar informasi, pada tahun 2020 lalu CloudFlare menempatkan Google di posisi pertama dan Facebook di posisi kedua, sedangkan untuk TikTok masih berada di posisi ketujuh.

Di tahun 2021 ini, kejutan terjadi karena TikTok langsung melesat jauh dan menempati posisi puncak sebagai pemagang jawara Most Popular Domains 2021.

Bukan hanya menjadi domain terpopuler, TikTok juga masuk dalam daftar media sosial domain 2021 di posisi teratas diikuti oleh Facebook di peringkat kedua dan YouTube di posisi ketiga.

Salah satu alasan kenapa TikTok saat ini menjadi domain paling teratas dan paling populer saat ini, menurut CloudFlare hal itu dikarenakan semakin bertumbuhnya lalu lintas internet di tahun 2021.

Selain itu, dengan adanya pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang lebih sering di rumah untuk bekerja hingga mencari hiburan menjadikan platform TikTok ini jadi kian populer di kalangan pengguna internet.

Hal ini tentu tidak terlalu mengherankan, karena memang sebagain besar pengguna smartphone dari semua kalangan pengguna baik anak-anak, tua muda, pria dan wanita sangat menggemari aplikasi atau platform berbagi video pendek asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kendati demikian, apakah dominasi TikTok ini akan berlanjut hingga tahun depan? kita lihat saja.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait