oleh

Banyak Yang Kecele, Video Viral Gerhana Bulan Supermoon Di Facebook Ternyata Palsu

recode.ID – Fenomena alam terjadinya gerhana bulan supermoon yang terjadi semalam ternyata menyisakan cerita tersendiri bagi sebagian netizen yang menyaksikan terjadinya gerhana bulan supermoon tersebut secara live lewat video streaming di facebook.

Seperti kita ketahui, tidak semua wilayah di belahan bumi ini bisa menyaksikan langsung fenomena alam yang langka tersebut. Bagi mereka yang tak bisa melihat secara langsung terjadinya gerhana bulan supermoon mereka memilih untuk menyaksikannya secara live lewat video streaming baik melalui youtube maupun saluran lainnya.


Khusus untuk pengguna facebook, ada beberapa pages yang secara khusus menyiarkan secara langsung terjadinya gerhana bulan tersebut. Ketika Anda mengetikkan keyword atau kata kunci “supermoon” di kolom pencarian Facebook pada Rabu (31/1/2018) malam kemarin, maka hasil teratas yang akan tampil adalah berupa siaran video siaran langsung dari akun fans page bertajuk “EBUZZ”.

Siaran langsung video gerhana bulan supermoon tersebut mampu menghimpun lebih dari 16 juta penonton selama kurag lebih empat jam siaran. Namun belakangan diketahui bahwa video siaran langsung tersebut adalah video “aspal” alias asli tapi palsu.

Dalam video siaran langsung tersebut memang menampilkan menampilkan foto supermoon, namun dalam gambar tersebut bukanlah gambar Super Blue Blood Moon yang sedang benar-benar terjadi pada Rabu (31/1/2018) malam kemarin.

Video yang di tampilkan dalam halaman facebbok EBUZZ tersebut merupakan gambar editan yang bersumber dari fotografer amatir bernama Chris Kotsiopoulos. Ia mengabadikan foto tersebut sekitar sembilan tahun lalu, ketika bulan berada tepat di atas Temple of Poseidon, Yunani.

Chris Kotsiopoulos sendiri dalam keterangannya mengatakan jika beberapa kali foto hasil jepretannya memang dicaplok tanpa izin, tetapi tak pernah dimodifikasi sedemikian rupa seperti yang dilakukan EBUZZ.

Untuk meyakinkan penonton yang menyaksikan siaran langsung gerhana bulan supermoon tersebut, pihak fans Page EBUZZ melakukan editing dengan membubuhkan suara desiran angin yang seolah-olah nampak seperti nyata. Di tambah pula terdapat penanda tanggal yang membuat orang semakin percaya.

Di lansir dari laman CNN, awalnya pihak Facebook tak menyadari tindakan curang yang di lakukan oleh admin fans page EBUZZ tersebut. Setelah banyak facebooker yang mulai curiga dan meragukan keaslian video tersebut, maka secara tegas jejaring sosial milik Mark Zuckerberg tersebut akhirnya menghapus video tersebut dari peredaran di facebook. Namun anehnya, fans page tersebut masih tetap beroperasi dan tidak di hapus dari facebook.

Belum jelas alasan apa yang mendasari fans page yang mempunyai 250.000 pengikut tersebut melakukan siaran langsung supermoon palsu. Dugaan sementara, si empunya FP tersebut ingin menghimpun banyak pengikut, agar bisa meningkatkan trafik ke website-nya untuk kepentingan monetisasi.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya