Kenali Modus dan Cara Hack Akun Facebook Orang Lain

  • Whatsapp
Kenali Modus dan Cara Hack Akun Facebook Orang Lain

recode.ID – Menjaga akun media sosial kita tetap aman, termasuk salah satunya akun Facebook sangat penting dilakukan. Pasalnya, saat ini banyak modus dan cara hack akun Facebook yang di gunakan oleh para hacker untuk mengambil alih akun FB yang kemudian digunakan untuk melakukan penipuan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini tim redaksi recode.ID akan memberikan tips bagaimana mengenali modus dan cara kerja hacker dalam mengambil alih akun FB orang lain.

Bacaan Lainnya

Dengan mengetahui modus dan cara kerjanya, kita bisa sedini mungkin menghindarkan akun kita dari aksi peretasan media sosial yang saat ini kian marak.

Modus dan Cara Hack Akun Facebook Orang Lain

Perlu diingat, artikel ini merupakan artikel untuk pembelajaran dan pengetahuan bukan artikel yang mengajarkan Anda untuk melakukan aksi peretasan.

  • Menebak Password

Ini merupakan cara yang terbilang cukup sederhana dan tak butuh keahlian khusus. Bahkan orang awam sekalipun bisa melakukan ini, tanpa harus punya keahlian IT apapun.

Baca Juga :  Google Hapus Ratusan Aplikasi di Play Store, Ini alasannya

Pasalnya, mereka yang bermaksud mengambil alih akun FB hanya bermodal insting dalam menebak password yang digunakan oleh korban.

Password yang  umum di gunakan misal, password default, tanggal lahir, nama, atau kombinasi keduanya akan sangat mudah ditebak oleh peretas.

Ini hanya butuh insting yang tajam dalam mengenalisa, apalagi jika profil anda terbuka untuk publik sehingga peretas bisa mencari tahu informasi terkait diri Anda, mulai dari nama, tanggal lahir, no telepon dan lain-lain.

Oleh karena itu, pastikan Anda membuat password yang aman dan unik agar tidak mudah ditebak oleh peretas.

  • Phising

Tekhnik kedua adalah tekhnik hacking yang sudah lama ada tapi masih cukup ampuh dalam dunia peretasan, tekhnik ini disebut dengan Phising.

Tekhnik hacking ini hingga kini masih banyak di gunakan untuk mengelabui korbannya, tak hanya akun media sosial saja tapi akun-akun lain misal akun game online juga banyak jadi target.

Peretas akan membuat sebuah laman website yang menyerupai situs asli, dimana nantinya ketika target terkecoh memasukan username dan password, maka data tersebut yang akan dikirim ke pembuat website phising.

  • Keylogger

Teknik hacking yang satu ini dulu cukup populer ketika jaman warnet masih banyak yang buka. Dimana peretas akan memasang progeam jahat yang akan merekam semua ketikan dari keyboard, termasuk data usurname dan password akun media sosial.

Baca Juga :  Pengguna iPhone Di Larang Mengetik Kata Taiwan, Apa Alasannya ?

Teknik hacking ini sekarang sudah tidak terlalu di gunakan karena kurang efektif, mengingat banyaknya tempat usaha warnet sudah banyak yang tutup.

  • Brute Force

Untuk cara hack akun facebook orang lain menggunakan teknik ini, peretas akan menggunakan kombinasi password yang sudah disiapkan sebelumnya untuk melakukan serangan dengen menebak password menggunankan bantuan sebuah software.

Namun, semenjak tim facebook meningkatkan keamanan akun dengan membati jumlah login hanya sekitar 10 kali saja, maka cara ini sekarang sudah tidak efektif lagi.

  • Scam

Sepintas cara ini mirip dengan Phising, namun ini lebih spesifik. Peretas sudah menyiapkan laman website khusus untuk mengelabui korban dan mengirim tautan tersebut ke email target.

Email tersebut berisi tipuan, misal ada peningkatan keamanan akun, atau sejenisnya lalu disarankan untuk login guna memperbaiki masalah tersebut lewat tautan atau link palsu yang dikirim oleh peretas.

Jika Anda tidak waspada dan terkecoh lalu memasukan data akun maka data tersebut justru akan dikirim kealamat si peretas.

Baca Juga :  Aplikasi Keyboard Android Ini Bisa Curi Data Penggunanya

Scam ini lebih sering digunakan oleh para carder, atau pelaku tindak kejahatan pencurian identitas kartu kredit.

  • Menyadap Hp Target

Cara ini tak hanya digunakan untuk mengambil alih akun FB saja, tapi semua informasi penting di smartphone korban bisa di ambil alih.

Cara sadap hp korban ini, umumnya dilakukan dengan menginstall aplikasi mata-mata atau malware di perangkat target. Selanjutnya, berbekal aplikasi atau malware tersebut hacker akan punya akses penuh terhadap smartphone korban.

Demikian informasi mengenai modus dan cara-cara yang digunakan oleh hacker untuk mengambil alih akun media sosial, terutama facebook.

Selain beberapa teknik diatas, ada lagi beberapa teknik yang lebih advance dan hanya mereka yang memang memiliki skill dan keahlian dibidang IT yang bisa melakukannya.

Sekali lagi tim redaksi recode.ID ingatkan, ini bukanlah untuk mengajari pembaca untuk melakukan aksi yang tidak terpuji tersebut. Melainkan sebagai pembelajaran, agar kita lebih waspada dan mencegah terjadinya peretasan tersebut.

Dengan mengenali cara kerja hacker dalam mengambil alih akun FB, kita bisa tahu bagaimana cara mengamankan akun kita agar lebih aman.

(ikhsan)

Pos terkait