oleh

Web Hosting Lokal vs Web Hosting Luar, Pilih Mana ?

recode.ID – Sebagai orang Indonesia menggunakan domain dan web hosting lokal asal Indonesia merupakan hal yang sangat wajar. Hal ini tentunya karena lebih mudah digunakan untuk orang-orang dari dalam negeri Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Web hosting adalah salah satu hal yang penting dalam pembuatan sebuah website. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa penggunaan website merupakan salah satu hal yang paling banyak diminati. Perkembangan penggunaan website mendapatkan perhatian karena perkembangan dunia digital yang semakin hari semakin maju.

Website sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam bidang, mulai untuk website perusahaan hingga website untuk memulai bisnis.

Sesungguhnya selain menggunakan domain lokal, anda juga bisa menggunakan domain non-lokal untuk website anda. Akan tetapi ada banyak kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh domain-domain tersebut. Berikut ini adalah kelebihan dan juga kekurangan dari jenis domain dan juga web hosting yang bisa di gunakan di Indonesia.

Kelebihan dan kekurangan web hosting dalam negeri.

Banyak orang bingung memilih antara penggunaan domain Indonesia atau domain internasional. Untuk user tertentu, domain nasional lebih unggul daripada penggunaan domain luar sedangkan untuk orang lainnya bisa saja menganggap sebaliknya.

Jika dilihat dan juga berdasarkan pengalaman dari para pengguna domain lokal, domain lokal sering kali disebut lebih mahal daripada domain luar. Salah satu penyebabnya karena web hosting lokal belum memiliki pelanggan sebanyak web hosting luar.

Selain kekurangan, ada juga kelebihan yang dimiliki oleh web hosting dalam negeri. Yang paling menguntungkan dari penggunaan domain Indonesia ini antara lain adalah mudahnya transaksi untuk dilakukan.

Karena merupakan web hosting dalam negeri maka transaksi dilakukan dengan menggunakan bank-bank yang sifatnya nasional. Keuntungan yang kedua dari penggunaan web hosting lokal adalah bahasa yang digunakan.

Ketika anda akan mencari informasi untuk web hosting lokal, hal ini lebih mudah dilakukan karena informasi yang anda dapatkan merupakan informasi dalam bahasa nasional yaitu Indonesia. Ketika anda mengalami masalah dengan web hosting yang anda miliki, anda juga bisa bertanya tentang web hosting anda dengan bahasa Indonesia sehingga penyelesaian dan solusi yang tawarkan akan lebih di pahami.

Kelebihan dan kekurangan web hosting Luar.

Untuk kelebihan yang dimiliki oleh domain luar yang utama adalah harganya lebih murah dan juga servernya lebih stabil. Di Indonesia memang masih banyak web hosting yang memiliki server yang sering mengalami gangguan.

Tapi anda tidak akan mengalaminya jika anda menggunakan server dari web hosting terpercaya yang sudah terpercaya dari beberapa brand yang ada di Indonesia.

Untuk kekurangannya tentu kebalikan dari kelebihan yang dimiliki oleh domain dalam negeri. Kekurangan yang dimiliki oleh domain luar adalah proses transaksinya yang lebih rumit dari pada transaksi domain Indonesia.

Ketika akan menggunakan domain luar, anda perlu memiliki bank dengan mata uang asing atau menggunakan alat pembayaran internasional lainnya seperti paypal.

Proses pengurusan paypal sendiri bukan hal yang mudah sehingga untuk anda yang belum berpengalaman akan sedikit kesulitan untuk menggunakan web hosting terbaik dari luar negeri.

Kesimpulan

Saat ini banyak penyedia domain dan web hosting Indonesia yang memiliki pelayanan yang sangat baik, ditambah penyedia lokal memiliki metode pembayaran transfer antar bank lokal yang tentunya sangat mempermudah dalam pembayaran.

Anda bisa mencari rekomendasinya melalui search engine, untuk melihat perbedaan harga dan fitur yang di tawarkan. Pastikan anda memilih web hosting lokal terpercaya dengan testimoni yang baik serta sesuaikan dengan kebutuhan resource web yang akan anda onlinekan.

(andra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya