5 Fitur di Aplikasi WhatsApp yang Jarang diketahui Pengguna

  • Whatsapp
5 Fitur di Aplikasi WhatsApp yang Jarang diketahui Pengguna

recode.ID – Meski saat ini aplikasi perpesanan WA merupakan salah satu aplikasi yang paling populer, tapi ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui dan memanfaatkan semua fitur yang ada didalamnya.

Fitur-fitur rahasia ini jarang digunakan oleh pengguna karena memang sedikit sekali yang membahas mengenai sejumlah fitur tersebut, sehingga banyak yang tidak tahu cara menggunakan dan apa guna fitur tersebut.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, kali ini redaksi akan memberikan informasi mengenai sejumlah fitur yang terdapat pada aplikasi WhatsApp, yang mungkin fitur tersebut belum kalian sadari dan tahu cara menggunakannya.

5 Fitur WA yang Jarang Orang Tahu

Seperti yang redaksi lansir dari laman  CNET, ternyata ada lima lima fitur rahasia dari WhatsApp yang hingga saat ini baru sebagia pengguna saja yang tahu cara menggunakannya.

Baca Juga :  Nokia Bakal Hadirkan Smartphone 5G dengan Kamera 108MP

Begini Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus

Fitur apa saja yang dimaksud, ini daftarnya:

  • Fitur Untuk Membuat Tulisan Menghilang

Untuk fitur yang satu ini memang masih baru diluncurkan, maka tak heran masih banyak pengguna yang belum “ngeh” cara menggunakannya.

Dengan adanya fitur ini, memungkinkan pengguna untuk menghilangkan pesan untuk percakapan tertentu secara otomatis, setelah tujuh hari.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup mengetuk kontak atau nama obrolan di bagian atas layar. Pilih ‘Disappearing Messages’ , aktifkan fitur tersebut dengan klik ‘On’.

Fitur ini akan secara otomatis menghapus semua pesan didalamnya, jadi jika ada foto, atau file yang penting pastikan kalian sudah mengunduhnya lebih dahulu.

  • Fitur Untuk Custom Notifikasi

Biasanya, nada dering pemberitahuan ketika ada pesan masuk selalu berbunyi dengan nada yang sama.

Tapi, dengan fitur ini kalian bisa membuat nada dering yang berbeda untuk setiap kontak yang ada. Cara mengaktifka nfitur ini juga cukup mudah.

Baca Juga :  Gebrakan Kemkominfo diawal Tahun, Tutup IndoXXI

Pertama-tama, kalian hanya perlu klik ikon Menu saat melihat utas obrolan, kemudian pilih opsi View Contact > Custom Notification, centang kotak dan kemudian selesaikan pengaturannya dengan menambahkan nada dering yang sudah disiapkan.

  • Fitur Untuk Ekspor Chat

Selanjutya, fitur WA yang tak banyak di ketahui pengguna adalah fitur yang bisa digunakan untuk mengekspor riwayat obrolan.

Dengan cara ini kalian bisa menyimpan chat tersebut dalam bentuk file teks. Sehingga apabila kalian ganti perangkat bisa dipulihkan di perangkat yang baru.

Bisa juga sebagai chat kenang-kenangan yang mungkin isinya sangat berkesan sehingga kalian ingin menyimpan riwayat chat tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini caranya, pengguna Android perlu mengetuk tombol Menu diikuti oleh More > Export Chat.

Kemudian riwayat chat tersebut nantinya akan terkirim lewat media yang disiapkan, apakah lewat email, gdrive atau yang lainya sebagai media penyimpanan chat tersebut.

  • Fitur Untuk Melihat Detail Pesan
Baca Juga :  Donald Trump Perintahkan AS Blokir TikTok 45 Hari Kedepan

Fitur yang satu ini bisa digunakan untuk melihat secara lengkap informasi mengenai sebuah pesan yang terkirim atau diterima yang bisa kalian jumpai pada whatsapp web.

Caranya, pada pesan yang ingi diketahui detailnya klik tanda panah kebawah pada kotak pesan di bagian kanan atas lalu, kilk info pesan.

Nanti akan ditampilkan semua informasi terkait pesan tersebut.

  • Fitur Menyimpan Pesan Penting

Biasanya jika mendapat kiriman no rekening, alamat atau informasi lain yang ditulis dalam pesan kadang kita akan kesusahan mencari pesan tersebut saat dibutuhkan karena sudah tertimbun oleh pesna lainnya.

Nah, untuk mensisatinya kalian bisa memanfaatkan fitur bernama stared messeges ini. Caranya, klik pada pesan yang ingin disimpan, lalu klik tanda bintang.

Untuk mencari pesan tersebut saat dibutuhkan, tinggal buka kontak yang mengirim pesan, lalu klik pada opsi pesan berbintang.

Pos terkait