Adu Kecepatan Internet 6 Operator Di Indonesia, Siapa Yang Lebih Unggul

recode.ID – Sebuah laporan yang bertajuk “Barometer of Mobile Internet Connections in Indonesia” yang di keluarkan oleh perusahaan aplikasi Speed Test nPerf, merilis daftar rata-rata kecepatan internet 6 operator telekomunikasi yang beroperasi di Indonesia.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2017 terhadap  performa enam operator telekomunikasi yang ada di Indonesia, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Hutchison Tri, dan Bolt, secara umum nPerf menobatkan operator telekomunikasi Telkomsel keluar sebagai jawaranya.

Dalam pengujian tersebut, nPerf menyebut setidaknya ada sekitar  485.455 tes yang dilakukan secara total terhadap 6 operator telekomunikasi tersebut.

Beberapa indikator yang mereka uji, merujuk pada penggunaan sehari-hari masyarakat modern pengakses internet yang ada di Indonesia secara keseluruhan. Beberapa indikator tersebut di antaranya adalah mencakup kecepatan upload dan download, latensi, kualitas browsing, serta kualitas streaming video.

Baca Juga :  Alami Krisis, Apa Yang Terjadi Dengan Facebook Saat Ini. Berikut Fakta-Faktanya

Rata-rata kecepatan internet untuk download

Laporan nPerf menyebut untuk untuk kecepatan download rata-rata, Telkomsel menjadi yang paling unggul dengan kecepatan internet untuk download berkisar di angka 10,64 Mbps. Sementara itu di posisi kedua ditempati oleh operator seluler CDMA Smartfren dengan angka 9,60 Mbps.

Di posisi berikutnya ada penyedia layanan internet Bolt (8,87 Mbps). XL Axiata menempati posisi keempat dengan kecepatan internet download sekitar 4,35 Mbps. Posisi kelima dan ke enam di tempati oleh Hutchison Tri (2,96 Mbps) dan Indosat Ooredoo (2,68 Mbps).

Rata-rata kecepatan internet untuk Upload

Sementara itu, dalam hal kecepatan internet untuk keperluan upload data, Telkomsel masih dominan memimpin dengen kecepatan upload yang mencapai angka 7,91 Mbps. Sementara itu untuk operator lainnya kecepatan upload data berkisar di angka 2 mbps.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Hoaks, Forward Pesan di WA Hanya Bisa 5 Kali

XL Axiata menempati peringkat kedua dengan kecepatan unggah rata-rata 2,95 Mbps, disusul Indosat (2,15 Mbps), Smartfren (2,14 Mbps), dan Hutchison Tri (2,11 Mbps)

Namun hal mengejutkan justru terjadi pada operator telekomunikasi Bolt, meduduki peringkat ketiga dalam hal kecepatan download, Bolt harus keok dan berada di urutan paling buncit dalam hal kecepatan internet untuk keperluan upload data dengan speed rata-rata di angka 1,23 mbps.

Dari sisi Latensi, nPerf menempatkan operator telekomunikasi Bolt di posisi teratas dengan angka latensi berada di 73,52 ms (milisceond). Latensi sendiri merupakan jeda waktu yang dibutuhkan dalam pengantaran data dari pengirim ke penerima. Menggunakan satuan milisecond, semakin kecil kecil angka yang di capai maka semakin cepat akses pengiriman data yang di lakukan.

Baca Juga :  Android GO, Sistem Operasi Untuk Smartphone Murah Resmi Di Rilis

Untuk keperluan browsing, operator telekomunikasi yang identik dengan warna merah, Telkomsel unggul di banding 5 kompetitor lainnya. Sedangkan untuk kecepatan internet yang di gunakan untuk keperluan streaming seperti menonton saluran youtube misalnya, Bolt menjadi yang terbaik di kategori ini.

[artikel number=3 tag=”informasi” ]

Secara umum, berdasarkan hasil skor dan nilai yang di peroleh ke enam operator telekomunikasi yang ada di Indonesia tersebut, Telkomsel berada di pemuncak penyedia layanan internet terbaik dengan skor 37.193 poin, sedangkan yang paling rendah di sematkan kepada Indosat Ooredoo dengan skor 12.974 poin.

(andra/rcd)

Topic:

Just For You