Android 11 Go Resmi dirilis, Bikin HP “Kentang” Jadi Lebih Cepat

  • Whatsapp
Android 11 Go Resmi dirilis, Bikin HP "Kentang" Jadi Lebih Cepat

recode.ID – Google selaku pembesut sistem operasi Android secara resmi telah merilis OS Android 11 Go yang diperuntukkan bagi perangkat dengan spesifikasi yang rendah.

Dengan diterapkannya OS ini, menurut Google ini akan membuat perangkat dengan spesifikasi “kentang” akan semakin lebih cepat performa dalam menjalakan berbagai aplikasi.

Bacaan Lainnya

Perilisan sistem operasi untuk smartphone entry level atau Go edition ini dilakukan setelah Android 11 resmi hadir awal minggu ini.

Seperti dilansir dari laman ZDnet, dengan dibenamkannya OS Android 11 Go edition ini, nantinya pengguna dengan perangkat yang memiliki spesifikasi rendah bisa dengan mudah berpindah ke aplikasi lain tanpa khawatir perangkat nge-lag.

Baca Juga :  Android GO, Sistem Operasi Untuk Smartphone Murah Resmi Di Rilis

Selain itu, layaknya sistem operasi terbaru dari Google tersebut Android 11 Go edition ini juga menghadirkan peningkatan dari segi privasi dan keamanan pengguna.

Misalnya saja dengan hadirnya fitur atau izin one-time, dimana fitur ini membuat pengguna bisa memberikan izin akses aplikasi ke sensor spesifik seperti mikrofon, kamera, atau lokasi hanya untuk satu kali.

Beberapa peningkatan privasi lainnya termasuk izin auto-reset untuk aplikasi yang sudah tidak dipakai dalam kurun waktu tertentu.

Fitur Safe Folder di Android 11 Go

Selain beberapa fitur yang sudah disebutkan diatas, Google juga menghadirkan beberapa fitur yang dinilai cukup berguna untuk pengguna.

Baca Juga :  Ingin Nonton Video Di YouTube Tanpa Buffering, Gunakan Aplikasi YouTube Go

Salah satunya yakni fitur bernama Safe Folder.  Dengan adanya fitu ini pengguna bisa melindungi file tertentu yang dianggap cukup rahasia agar tidak bisa diakses oleh orang lain tanpa PIN 4-digit.

Fitur lainnya yang hadir seperti mendapatkan akses ke navigasi berbasis gerakan atau gesture.

Sekilas Tentang Android Tentang Android Go

Sistem operasi ini mulai diperkenalkan kepada pengguna sejak 2017 yang lalu. Menurut penjelasan pihak Google, saat ini setdaknya sudah ada lebih dari 100 juta perangkat di seluruh dunia telah menggunakan sistem operasi Go Edition ini.

Baca Juga :  Baru Saja Di Luncurkan, Android Oreo Ternyata Memiliki Bug

Tujuan dirilisnya sistem operasi Android Go ini adalah untuk memastikan pengguna dengan latar belakang ekonomi rendah bisa tetap mengakses teknologi, terutama pengguna untuk negara-negara berkembang.

Android 11 Go akan tersedia untuk semua perangkat baru dengan memori RAM 2GB.

Editor   : Andra
Penulis : Ikhsan Aufa

Pos terkait