Aplikasi Google Maps Error, Begini Cara mengatasinya

Cara Menghapus Riwayat Lokasi di Google Maps

recode.ID – Hadirnya layanan peta digital Google Maps sangat membantu para penggunanya untuk mencari alamat dan mencari rute dengan tepat. Namun ada kalanya, aplikasi Google Maps yang digunakan mengalami error sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

Ketika hal ini terjadi tentu akan membuat pengguna menjadi tidak dapat menggunakan semua fitur-fitur yang ada didalamnya, sehingga akan sangat menggangu perjalanan Anda.

Nah, jika saat ini mungkin Anda sedang dalam situasi seperti ini dimana aplikasi Google Maps yang ada di perangkat yang Anda gunakan mengalami error, tidak mau dibuka atau tidak jalan, maupun tidak akurat untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Maps yang Error

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang Lewat Google Maps

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika mengalami masalah seperti ini. Merangkum informasi yang dimuat dalam laman bantuan Google, untuk mengatasi error pada aplikasi Google Maps bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Cek Koneksi Internet Anda

Perlu Anda ketahui, untuk bisa menggunakan aplikasi Google Maps ini secara realtime kita butuh koneksi internet yang stabil.

Sehingga, ketika koneksi yang digunakan sedang bermasalah tentu pengguna tidak bisa menggunakan fitur-fitur yang ada.

Jadi, langkah awal untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengecek dan memastikan koneksi internet pada perangjat tersedia dan cukup lancar.

  • Hapus Cache

Selanjutnya, tips yang disarankan oleh pihak Google guna mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan cache aplikasi pada smartphone yang digunakan.

Menumpuknya file sampah atau cache akan membuat kinerja aplikasi menjadi tidak maksimal. Karenanya sebelum beranjak ke tips lainnya, opsi untuk menghapus atau membesihkan cache ini wajib dilakukan.

  • Hapus Data

Selain melakukan pembersihan cache pada aplikasi Google Maps, pengguna juga disarankan untuk melakukan hapus data aplikasi untuk hasil yang maksimal.

Jangan khawatir akan kehilangan data, kerana proses hapus data pada aplikasi hanya akan membuat aplikasi dimuat ulang dari awal kembali layaknya Anda baru pertama kali menginstall sebuah aplikasi.

  • Lakukan Pembaruan

Tips selanjutnya untuk mengatasi masalah aplikasi Google Maps yang error adalah dengan melakukan update atau pembaruan pada aplikasi tersebut.

Dalam beberapa kasus terkadang, aplikasi yang masih menggunakan versi lawas tidak dapat berjalan dengan normal sehingga untuk mengembalikan kinerjanya harus diupdate lebih dahulu.

Untuk pengguna Android, cara update aplikasi Google Maps cukup mudah. Hanya dengan masuk ke layanan Google Play Store kemudian klik pada tombol update pada aplikasi Google Maps jika sudah tersedia.

  • Restart Perangkat yang digunakan

Berikutnya, cobalah lakukan restart pada perangkat yang Anda gunakan ketika mengalami masalah seperti ini. Umumnya, ketika dilakukan restart sejumlah masalah dan error yang terjadi pada sebuah aplikasi akan teratasi.

Untuk melakukan restart caranya juga cukup mudah. Silahkan tekan pada tombol power, lalu pilih pada opsi muat ulang perangkat.

  • Copot dan Install Ulang

Apabila semua opsi yang sudah redaksi berikan diatas masih belum mengatasi masalah Anda, maka opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencopot atau uninstall aplikasi Google Maps, lalu memasangnya kembali.

Meski terlihat ribet, namun cara ini cukup efektif dalam mengatasi masalah error pada aplikasi, termasuk aplikasi Google Maps tersebut.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan ketika Anda mengalami masalah dimana aplikasi Google Maps pada smartphone yang Anda gunakan mengalami error dan tidak bisa buka.

Semoga informasi yang redaksi berikan pada artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait