Kontrol Penggunaan Gadget Anak-Anak Dengan Aplikasi Berikut Ini

recode.ID – Semakin berkembangnya teknologi gadget yang kian masif, memungkinkan berbagai kalangan bisa mengakses perangkat tersebut dengan mudah, tak terkecuali anak-anak.

Saat ini, bukan lagi hal yang aneh jika anak usia di bawah lima tahun sudah terbiasa menggunakan smartphone dan gadget lain seperti tablet yang umumnya di gunakan untuk bermain game atau menonton tayangan video di youtube.

Meskipun penggunaan gadget diklaim dapat membantu perkembangan anak dalam belajar menyerap informasi, namun apabila penggunaannya di lakukan secara berlebihan ternyata justru berpotensi dapat membuat si buah hati menjadi kecanduan.

Maka tak heran seringkali kita lihat, anak kecil yang menangis atau meronta ketika gadget yang mereka pegang di ambil. Jika hal ini terus dibiarkan secara terus menerus, dikhawatirkan akan berisiko menimbulkan dampak antisosial dan anak menjadi pribadi yang tertutup.

Karena itu, sebagai orang tua kita harus proaktif dalam memantau dan mengontrol penggunaan gadget pada anak. Selain membatasi pemakaian gadget, hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi aplikasi pengontrol supaya anak-anak tidak terlalu lama memandangi gadget.

Baca Juga :  Ingin Nonton Video Di YouTube Tanpa Buffering, Gunakan Aplikasi YouTube Go

Beberapa daftar aplikasi parental control berikut ini bisa anda ditemukan dengan mudah dan dapat diunduh secara cuma-cuma di toko aplikasi semacam Google Play Store atau App Store untuk iOS.

Apa saja nama aplikasi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

5 Aplikasi untuk Mengontrol Penggunaan Gadget Anak-Anak

  • Aplikasi Kid Place

Aplikasi Kids Place dibuat dan dikembangkan oleh developer aplikasi bernama kiddoware. Aplikasi cukup lengkap dengan beragam fitur  yang bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan isi konten dan waktu penggunaan gadget pada anak.

Dengan aplikasi Kids Place ini, orangtua bisa memilih aplikasi-aplikasi mana saja yang boleh diakses dan di buka oleh si kecil, memblokir aplikasi yang tidak diinginkan agar tak di ketahui anak, dan yang paling penting adalah fitur  timer dimana fitur ini bisa mengatur durasi waktu penggunaan smartphone oleh anak-anak kita.

  • Aplikasi Screen Time Parental Control

Berikutnya, aplikasi pengontrol penggunaan gadget pada anak adalah aplikasi yang bernama  Screen Time Parental Control. Aplikasi ini mengusung fitur unik, dimana orang tua dapat menghentikan gadget yang digunakan anak untuk sementara secara otomatis.

Baca Juga :  Pengendara Motor Kini Juga Bisa Menggunakan Aplikasi Waze Tanpa Takut Kesasar

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, pada  Screen Time Parental Control ini juga terdapat fitur pengaturan waktu penggunaan gadget.

Menariknya, tak hanya waktu penggunaan smartphone yang dibatasi, aplikasi ini juga dapat mengatur batas waktu penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu, sehingga meski smartphone tetap bisa menyala namun aplikasinya akan berhenti beroperasi.

  • Aplikasi Norton Family Parental Control

Dengan aplikasi Norton Family Parental Control ini, memungkinkan para orang tua melakukan supervisi terhadap penggunaan internet pada anak.

Beragam fitur canggih bisa di gunakan dalam memantau aktifitas anak di internet, mulai dari durasi penggunaan browser termasuk riwayat pencariannya, mencari tahu lokasi anak saat membawa gadget, menge-track isi pesan, serta mampu mengunci browser dan sejumlah aplikasi lainnya dengan password agar tidak bisa di buka oleh anak.

Selain itu, aplikasi Norton Family Parental Control juga dilengkapi dengan fitur bernama screen time, dimana fitur ini akan menampilkan jadwal kapan si buah hati boleh menggunakan smartphone, durasi menggunakannya, hingga kapan anak harus berhenti bermain smartphone.

  • Aplikasi Kids Zone
Baca Juga :  Pesan WA Yang Sudah dihapus Ternyata Masih Bisa Di Baca Dengan Aplikasi Ini

Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem kontrol ke banyak aplikasi yang seharusnya tak boleh di buka anak, termasuk di antaranya aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Snapchat.

Mengingat aplikasi media sosialtersebut juga menjadi aplikasi yang sering digunakan anak-anak, maka pengawasan dari orang tua mutlak di lakukan.

Pihak pengembang mengklaim, aplikasi ini tidak bisa di-uninstall oleh anak. Pasalnya, aplikasi Kids Zone memiliki fitur yang memproteksi aplikasi agar tidak bisa dihilangkan begitu saja dari smartphone.

  • Aplikasi Find My Kids

Lebih dari sekedar memantau penggunaan gadget pada anak, fungsi utama dari aplikasi ini adalah mendeteksi keberadaan sang anak dengan fitur GPS yang tersedia di dalam aplikasi ini.

Aplikasi memilki kemampuan untuk merekam suara di sekitar lokasi anak dan memonitor pergerakan dan perpindahan anak dari lokasi satu ke lokasi yang lainnya.

Demikian informasi mengenai lima aplikasi pengontrol gadget anak-anak yang bisa para orang tua coba. Sebagai orang tua, mari kita jaga dan awasi terus penggunaan gadget pada si buah hati agar tetap terkontrol.

(azzahra)

Topic:

Just For You