Apple Kenalkan Sejumlah Fitur Baru di iOS 15, Apa Saja?

Apple Kenalkan Fitur Baru di iOS 15, Apa Saja?

recode.ID – Dalam sebuah event tahunan bertajuk Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021 yang dihelat oleh secara online oleh Apple, perusahaan teknologi pimpinan Tim Cook tersebut memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka iOS 15 di depan para peserta yang hadir.

Sistem operasi untuk perangkat iPhone tersebut hadir dengan sejumlah fitur baru serta peningkatan kualitas terhadap fitur yang sudah ada.

Seperti yang redaksi recode.ID lansir dari laman The Verge, ada sejumlah fitur baru dan juga peningkatan yang dilakukan oleh pihak Apple di sistem operasi terbaru mereka itu.

Apa saja fitur baru dari sistem operasi untuk iPhone ini? berikut ulasan lengkapnya.

Fitur Baru iOS 15

Dikatakan oleh pihak Apple, kehadiran sejumlah fitur baru di OS terbaru mereka ini hadir guna mendukung aktifitas pengguna di kehidupan pasca-pandemi.

Berikut ini adalah sejumlah fitur baru dan juga peningkatan fitur yang sudah di sistem operasi iOS 15 yang redaksi kutip dari laman inet.detik.

FaceTime

Pihak Apple menghadirkan banyak pembaruan pada aplikasi pesannya tersebut. Dimana, untuk tampilan saat melakukan panggilan grup sekarang dibuat dengan mode grid, dengan informasi kontak orang yang berbicara ditempatkan paling atas layar.

Selai itu, Apple juga menghadirkan fitur Spatial Audio di FaceTime. Tapi yang menarik Apple memberikan kemampuan untuk meredam suara bising di sekitar sehingga tidak mengganggu berbincangan.

Selain itu pengguna dapat membuat FaceTimelink untuk mengajak teman untuk ngobrol. Tidak hanya untuk pengguna Apple saja, pengguna Android atau Windows bisa ikutan dengan membuka link tersebut lewat browser mereka. Apple menjamin semua proses ini terjamin keamanannya.

Makin seru ada fitur SharePlay yang memungkinkan kita berbagi layar, mendengarkan musik dan nonton film bareng teman saat panggilan FaceTime.

Tidak hanya layanan Apple, kemampuan berbagi ini bisa digunakan aplikasi pihak ketiga, beberapa di antaranya TikTok dan Disney+.

Messages

Messages di iOS 15 menampilkan cara baru untuk berbagi konten seperti gambar, musik, podcast, artikel Apple News, dan lainnya. Pengguna dapat menyematkan konten yang dibagikan ke depan dengan lebih mudah.

Focus

Selanjutnya, ada fitur bernama Focus yang berguna untuk membantu pengguna tetap fokus saat melakukan tugas lain. Pada fitur ini Apple menambahkan banyak fitur untuk meminimalkan jumlah gangguan yang bisa terjadi.

Kini hadir Noticication Summary yang menampilkan ringkasan pemberitahuan yang dapat diberikan kepada pengguna kapan pun mereka mau, menggabungkan semua item terpenting menjadi satu pesan.

Di Focus, terdapat mode yang dapat diatur untuk situasi yang berbeda. Fitur ini dapat diaktifkan tergantung di mana pengguna berada. Misalnya, mode Kebugaran yang dikonfigurasi untuk pengguna saat berada di gym.

Live Text

Dalam upaya untuk membantu pengguna menangani sejumlah besar informasi tertulis, Apple menghadirkan Live Text. Ini adalah fitur pengenalan karakter optik otomatis dari aplikasi Kamera.

Pengguna dapat mengarahkan kamera ke teks di papan, tanda, atau halaman, dan Live Text membuatnya dapat dipilih, disalin dan ditempel di tempat lain.

Memanfaatkan machine learning, fitur ini tidak hanya terbatas pada aplikasi Kamera. Live Text dapat digunakan untuk memindai gambar secara praktis, termasuk foto dan gambar web yang diambil sebelumnya.

Nantinya, fitur baru ini mencakup dukungan untuk tujuh bahasa, dan dapat mengenali objek dan pemandangan.

Spotlight

Kini foto ditampilkan dalam hasil pencarian Spotlight. Selain itu pencarian kontak juga ditingkatkan, lengkap dengan menunjukkan apakah mode Do Not Disturb (DND) diaktifkan oleh mereka.

Banyak kartu baru telah disertakan, menampilkan informasi untuk aktor, film, dan jenis konten lainnya.

Photos

Pengguna dapat menambahkan lagu di Apple Music dalam Memory, sehingga dapat mengiringi slide foto menjadi lebih menarik.

Apple memberikan Memory Mixes yang memungkinkan pengguna untuk mengedit Memori yang dihasilkan, untuk memperbaikinya dengan berbagai cara.

Wallet

Dalam pembaruannya iOS 15, Wallet mendapatkan kemampuan untuk menggunakan aplikasi sebagai identifikasi digital di bandara di seluruh Amerika Serikat. Setelah memindai SIM atau ID dari sejumlah negara bagian bakal dapat digunakan sebagai ID digital dengan TSA, dan layanan lainnya.

iOS 15 turut menyertakan fitur kunci baru untuk rumah, hotel dan kantor di aplikasi Wallet.

Weather

Weather sekarang menampilkan desain yang benar-benar baru. Terdapat peta dalam aplikasi beresolusi tinggi, dan animasi latar belakang baru. Apple turut menghadirkan perubahan tampilan berdasarkan kondisi.

Maps

Untuk fitur peta atau Maps yang ada dis OS terbaru Apple ini akan menampilkan tampilan globe dan 3D yang jauh lebih detail di sejumlah kota.

Dimana natinya akan ada penjelasan secara detail mengenai jalan baru untuk membantu pengemudi dan informasi lebih lanjut dalam tampilan Transit.

Selain itu, fitur Maps ini juga akan secara otomatis mengikuti pengguna selama rute transit dan dapat mengingatkan kapan harus turun, serta menawarkan informasi arah yang lebih rinci kepada para penggunanya.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait