Bertepatan Dengan Ultah Ke 10, Apple Merilis 3 Seri iPhone Sekaligus

Bertepatan Dengan Ultah Ke 10, Apple Merilis iPhone 8 dan iPhone 8 plus dan iPhone X

recode.ID – Salah satu pabrikan smartphone premium kelas dunia, Apple tengah merayakan hari jadi salah satu produk unggulan mereka, iPhone di mana pada 12 september 2017 kemarin iphone genap berusia 10 tahun menemani perjalanan para pecinta gadget dengan berbagai seri dan type ponsel mereka.

Dalam sebuah acara yang di helat di gedung Steve Jobs Theater, di mana ini adalah merupakan event pertama yang digelar di ruangan yang berlokasi di Apple Park Campus, Cupertino, Amerika Serikat, CEO Apple Tim Cook secara resmi mengumunkan rilis baru smartphone unggulan mereka yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 plus.

Selain memperkenalkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus kepada publik, Apple juga membuat kejutan dengan mengumumkan kehadiran salah satu produk unggulan mereka, yaitu iPhone X (baca: iPhone ten). Rilisnya gadget ini merupakan penanda kiprah iPhone yang sudah berlangsung selama satu dekade menemani para pecinta produk iPhone.

Lantas seperti apa desain anyar dan spesifikasi dari ketiga smartphone tersebut ?, berikut ulasannya.

Dari sisi desain dan tampilan, kedua smartphone ini (iPhone 8 dan 8 plus) mengusung desain yang tak jauh berbeda dari dari pendahulunya yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, yang sedikit membedakannya adalah dengan di tambahkannya balutan kaca di bagian depan dan belakang.

Di otaki oleh prosesor terbaru yang berbekal kecerdasan buatan, A11 Bionic, Apple sesumbar jika kemampuan prosesor ini bisa lebih cepat 25 persen dari pendahulunya. Sementara itu dari segi ukuran kedua perangkat ini memiliki dimensi yang berbeda di mana iPhone 8 hadir dengan ukuran layar 4,7 inch, sedangkan saudaranya iPhone 8 plus berdimensi sedikit lebih bongsor dengan ukuran 5,5 inch. Namun layar kedua perangkat tersebut mengusung teknologi yang sama yaitu sama-sama menggunakan teknologi True Tone Display yang menawarkan pengalaman lebih menarik.

Hadir dengan tiga varian warna, yakni gold, space gray, dan silver, iPhone 8 hadir dengan kamera utama beresolusi 12MP yang dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS). Sementara iPhone 8 Plus memiliki dua kamera beresolusi 12MP di belakang, yang masing-masing memiliki aperture f/1.8 dan f/2.8.

Secara keseluruhan fitur iPhone 8 dan 8 plus ini tak jauh berbeda dengan pendahulunya, hanya peningkatan dalam hal performa yang lebih baik baik. Di banderol dengan harga US$ 699 untuk iPhone 8 dan US$ 799 untuk iPhone 8 Plus. sesuai rencana, keduan perangkat ini sudah dapat dipesan mulai 15 September 2017 dan tersedia di pasaran pada 22 September 2017.

Sementara itu salah satu yang menjadi daya tarik dari peluncuran seri iPhone terbaru ini adalah hadirnya iPhone X dimana seri ponsel besutan mendiang Steve Jobs ini menui banyak pujian dari penggemarnya. Hadir dengan desain layar Super Retina yang memiliki ukuran 5,8 inci, tampilan iPhone X  nampak mewah dengan layar berbingkai tipis. Menggunakan bahan yang sama dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, yaitu berbahan kaca. iPhone X di klaim sebagai perangkat yang waterproof alias anti air.

Dalam seri terbarunya ini pihak pengembang Apple juga menggantikan teknologi Touch ID yang sudah ada sebelumnya dengan teknologi anyar Face ID. Sistem keamanan berbasis biometrik ini menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk memperkuat sistem kemananan perangkatnya. Apple membenamkan teknologi truedepth camera system di bagian depan, yang terdiri gabungan kamera dan sejumlah sensor lain sehingga teknologi face ID ini bisa berjalan dengan sempurna.

Dari segi prosesor, iPhone X dipersenjatai chip A11 Bionic berbasis neural engine yang diklaim mempunyai kemampuan yang lebih baik dari prosesor generasi sebelumnya. Selain itu, bersamaan dengan rilis iPhone X, Apple juga memperkenalkan Animoji, yaitu emoji animasi yang dapat dibuat berdasarkan wajah pengguna.

 

[artikel number=3 tag=”security” ]

Dengan desain nyaris tanpa bingkai, iPhone X juga menghilangkan tombol Home pada perangkat terbarunya ini. Sebagai gantinya, Apple mengubah navigasi di iPhone X dengan lebih banyak memanfaatkan sapuan di layar. Untuk membuka perangkat pengguna cukup mengusap layar ke atas, begitu pula saat penggunanya ingin berganti aplikasi, cukup dengan mengusap layar ke atas dan tampilan akan kembali ke menu Home.

Tertarik untuk memilikinya ?, Siapkan dana mulai dari US$ 999 atau sekitar Rp 13 juta untuk bisa meminang iPhone X yang rencananya akan hadir dalam dua opsi pemyimpanan data yaitu 64GB dan 256GB.

(andra/rcd)

Pos terkait