Wajib Tahu, Ini Bahayanya Menggunakan WhatsApp Mod

  • Whatsapp
Wajib Tahu, Ini Bahayanya Menggunakan WhatsApp Mod

recode.ID – Meski di kenal sebagai aplikasi perpesanan paling populer saat ini, akan tetapi aplikasi WhatsApp ternyata memiliki versi modifikasi atau yang dikenal dengan istilah WhatsApp Mod.

Aplikasi WhatsApp Mod ini, sesuai dengan namanya adalah aplikasi modifikasi atau aplikasi yang sudah di oprek sedemikian rupa oleh pihak ketiga dengan menambahkan atau menghilangkan fitur di dalam aplikasi resmi.

Bacaan Lainnya




Sehingga nantinya pengguna bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Mod ini untuk berbagai keperluan, misalnya menyembunyukan status online, menyembunyikan status audio rekaman, serta mengubah tema dan ikon.

Baca Juga :  WhatsApp Blokir Akun Pengguna GBWhatsApp dan WhatsApp Plus

Selain itu, aplikasi modofikasi ini juga memiliki fitur untuk menghilangkan status “sedang mengetik”, menghilangkan centang dua, membaca pesan yang sudah dihapus, mengganti gaya huruf, dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi WA Mod yang cukup populer dikalangan pengguna misalnya, WhatsApp GB, WhatsApp Plus, dan FMWhatsApp.

Bahayanya Menggunakan WhatsApp Mod

Dibalik kelebihannya yang cukup banyak karena adanya fitur yang cukup menarik yang tak ada di aplikasi resmi, ternyata aplikasi WhatsApp Mod ini juga memiliki beberapa resiko atau bahaya yang mengintai.

Apa saja bahayanya, berikut ulasannnya lengkapnya.

  • Chat yang Tidak Sepenuhnya Aman

Salah satu keunggulan aplikasi perpesanan WhatsApp resmi adalah terkait keamanan isi chat dari penggunannya. Dimana pihak WA telah menerpakan enkripsi end-to-end untuk menjamin isi chat tidak bisa di baca oleh pihak manapun selain pengirim dan penerima.

Baca Juga :  Aplikasi Sadap WA Berikut Ini Sudah Terbukti Ampuh, Buktikan Sendiri

Tapi, jika menggunakan WA Mod, enkripsi seperti itu tidak lagi berlaku. Karena sever untuk lalu lintas data yang digunakan menggunakan server pihak ketiga, sehingga pengguna dengan aplikais modifikasi seperti ini rentan untuk di intip oleh oknum pemegang server.

Karenanya, sebaiknya para pengguna perlu berhati-hati apabila mengirimkan informasi penting lewat chat di WhatsApp Modifikasi, seperti informasi perbankan, password, atau informasi pribadi penting lainnya.

  • Rentan Terinfeksi Malware

Karena umumnya aplikasi modifikasi seperti ini di unduh bukan dari layanan resmi seperti Play Store, maka aplikasi tersebut sangat rentan untuk di susupi malware oleh pembuat atau yang memodifikasinya.

Baca Juga :  Kenali Modus dan Cara Hacker Membajak Akun WhatsApp

Hal ini tentu akan sangat berbahaya jika malware yang disuntikan tersebut bisa mencuri informasi penting dari ponsel yang terinstall aplikais mod.

Jadi, pikirkan baik-baik sebelum menggunakan aplikasi WhatsApp Modifikasi.

  • Nomor Hp Rawan diblokir

Bahaya lain yang cukup mengkhawatirkan adalah nomor Hp yang kalian gunakan untuk WA beresiko dibanned atau diblokir oleh pihak WhatsApp.

Hal ini seperti informasi yang disampaikan oleh pihak WhatsApp jika mereka mengancam akan memblokir sementara penggunanya yang ketahuan menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi.

Baca Juga :  Arti Emoji WhatsApp yang Sering Keliru diartikan Pengguna

“WhatsApp tidak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak bisa memvalidasi praktik keamanan mereka,” jelas pihak WhatsApp terkait banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi versi modifikasi.

Oleh karena itu, sebaiknya jika kalian menggunakan aplikasi modifikasi seperti ini, sebaiknya segera beralih menggunakan aplikasi yang resmi.

Karena selain lebih aman dari penyadapan, kalian juga tak perlu was-was jika nantinya nomor Hp kalian terblokir akibat ketahuan menggunakan WhatsApp Mod.

Pos terkait