Mengintip Sejumlah Fitur Baru yang Hadir di Android 11

  • Whatsapp
Mengintip Sejumlah Fitur Baru yang Hadir di Android 11

recode.ID – Google selaku pembesut sistem operasi Android, dikabarkan sudah mulai menguji coba OS Android 11 ke perangkat buatan mereka sendiri, ponsel Google Pixel.

Versi beta atau versi pengembang dari sistem operasi generasi ke 11 dari robot hijau ini sudah bisa dipasang ke perangkat buatan Google yakni Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, dan Pixel 4 XL.

Bacaan Lainnya

Karena bukan versi final, maka wajar jika nantinya masih ditemukan sejumlah bug atau kesalahan-kesalahan dalam pengoperasiannya.

Dari laporan yang dirilis oleh The Verge, Sabtu (22/2/2020), sistem operasi Android 11 ini telah dibekali sejumlah fitur baru, termasuk fitur yang terkait dengan kemampuan jaringan 5G.

Baca Juga :  Instagram Merilis Fitur Baru untuk Cegah Cyber Bullying

Beberapa Fitur Baru Android 11

Berikut ini adalah sejumlah fitur baru yang akan hadir di OS Android R:

1. Bubbles

Fitur terbaru ini sebenarnya adalah bagian dari Android 10 yang sepintas mirip dengan tampilan chat heads milik media sosial Facebook.

Bubbles sendiri merupakan tampilan antarmuka baru (UI) untuk aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna dapat membuka beberapa percakapan sekaligus dengan akses yang simple dan mudah.

Untuk di OS Android terbaru ini, fitur tersebut kemungkinan hanya dapat dinikmati untuk aplikasi perpesanan bawaan Android.

Akan tetapi Tapi btidak menutup kemungkinan bahwa fitur ini nantinya juga hadir pada aplikasi seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Signal, dan beberapa aplikasi perpesanan lainnya.

2. Conversations

Sama halnya dengan fitur sebelumnya, bubbles, fitur ini juga akan memunculkan percakapan di area notifikasi yang ada di atas layar smartphone.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Harga Bitcoin dipredikisi Tembus Rp 280 Juta Tahun 2020

Ketika ada pesan masuk, maka tampilan pesan masuk yang ada pada bagian notifikasi ini akan disesuaikan dengan aplikasinya, seperti email, Instagram, dan juga pembaruan aplikasi.

Namun, sejatinya fungsi utama fitur ini menurut Google adalah untuk untuk mempermudah pengguna saat berkomunikasi maupun membalas notifikasi yang masuk tanpa harus masuk ke aplikasinya itu sendiri.

3. App Permission

Selanjutnya ada bernama App Permission, dimana fitur ini akan menawarkan opsi untuk memberikan izin sementara pada aplikasi yang ingin mengakses fitur tertentu pada ponsel, seperti kamera, mikrofon, dan data lokasi.

Dengan hadirnya fitur App Permission pada Android 11, maka perangkat pengguna juga akan jauh lebih aman dari kemungkinan infeksi malware yang terkadang masuk bersama aplikasi yang di install lewat pihak ketiga.

Baca Juga :  Siap Saingi iPhone, Oppo Dan Xiaomi Bakal Terapkan Fitur Face ID

4. Screen recording

Sebenarnya, fitur perekam layar ini sudah pernah hadir di Android 10 beta, akan tetapiĀ  dihilangkan tanpa alasan yang jelas.

Kini fitur tersebut kembali di hadirkan oleh google pada OS Android 11 yang menurut para analis tampilannya akan jauh lebih menarik.

Selain beberapa fitur baru yang sudah disebutkan di atas, OS terbaru ini juga akan ada sejumlah pembaruan minor, seperti mode gelap (dark mode) yang bisa menyala secara otomatis, dan motion sense untuk memutar musik pada terutama untuk perangkat Pixel 4 dan juga fitur pengaturan sensitivitas layar sentuh khusus untuk Pixel 4

Menariknya, untuk OS Android 11, koneksi bluetooth untuk perangkat audio juga tidak akan dimatikan meskiĀ  pengguna sedang mengaktifkan airplane mode pada perangkat mereka.

(azzahra)

Pos terkait