Biar Makin Aman, Begini Cara Mengaktifkan Fitur Sidik Jari di WhatsApp

– pihak WhatsApp baru saja merilis fitur sidik jari di WhatsApp untuk smartphone Android guna lebih menjamin kemanan dan privasi penggunanya-

recode.ID – Demi meningkatkan keamanan privasi data pengguna, whatsapp baru saja menggulirkan fitur baru berupa kemanan sidik jari untuk perangkat berbasis sistem operasi Android.

Kehadiran fitur sidik jari di WhatsApp untuk OS Android ini terasa cukup lama di banding dengan milik iOS yang sudah dirilis lebih dahulu, bahkan sejak awal 2019 lalu.

Kendati “telat”, namun fitur yang satu ini sangat berguna untuk melindungi privasi pengguna dengan kemanan sidik jari. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengguna harus menggunakan sidik jari untuk membuka aplikasi WA.

Baca Juga :  WhatsApp Bisa digunakan Untuk Kirim Bitcoin, Begini Caranya

Meski sebenarnya fitur perlindungan data di platform WhatsApp ini bisa menggunakan tipe PIN, namun kehadiran fitur finger print  ini dinilai banyak pengguna efisien dan terlihat lebih canggih.

Meski belum semua Negara memperoleh update terbaru ini, namun untuk pengguna di tanah air sendiri sudah bisa mencicipi fitur tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur sidik jari di WhatsApp pada smartphone dengan basis sistem operasi Android ? Berikut ini langkah-langkahnya:

Cara Mengaktifkan Fitur Sidik Jari di WhatsApp

Untuk pengguna smartphone android, pastikan anda sudah lebih dahulu mengupdate aplikasi WhatsApp anda ke versi yang terbaru. Selanjutnya, aktifkan fitur tersebut dengan cara:

  • Buka aplikasi WhatsApp terbaru, lalu buka menu Setting, lalu pilih Account.
  • Setelah itu, buka opsi Privacy dan pada bagian bawah anda akan menemukan menu Fingerprint Unlock.
  • Anda bisa memilih berapa lama atau durasi waktu aplikasi akan terkunci setelah smartphone didiamkan.
  • Ada tiga opsi yang bisa dipilih yakni, (immediately), setelah 1 menit, dan maksimal setelah 30 menit.
  • Setelah anda memilih salah satu opsi diatas, misalnya setelah 1 menit, maka ketika aplikasi WA tidak disentuh atau digunakan dalam waktu 1 menit maka akan tertutup dan terkunci secara otomatis.
  • Untuk membukanya, anda harus menempelkan sidik jari anda pada area finger print  smartphone android anda
  • Selain itu ada juga opsi  untuk mencegah konten di dalam pesan terlihat di notifikasi.
Baca Juga :  Makin Canggih, Nantinya Untuk Login Komputer Bisa Menggunakan Password Detak Jantung

Sementara untuk pengguna iPhone, anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara:

  1. Buka menu Setting, lalu pilih Account. Selanjutnya, pilih Privacy dan gulir ke bawah untuk memilih Screen Lock.
  2. Dari menu Screen Lock, pilih durasi berapa lama WhatsApp akan terkunci. Fitur sidik jari bisa diterapkan pada intervel 1, 15, atau 60 menit
  3. Apabila iPhone anda memiliki fitur Face ID, maka ada dua lapis keamanan, dimana wajah anda akan membuka kunci obrolan, sementara Touch ID diaktifkan untuk membuka aplikasi.

Dengan mengaktifkan fitur sidik jari di whatsapp, maka kemanan data dan isi obrolan anda akan lebih terjamin keamanannya. Karena hanya anda sendiri sebagai pemilik perangkat yang bisa membuka aplikasi WA tersebut.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Hoaks, Forward Pesan di WA Hanya Bisa 5 Kali

(andra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: