Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Ini Fungsi NFC di Smartphone

  • Whatsapp
Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Ini Fungsi NFC di Smartphone

recode.ID – Beberapa smartphone keluaran baru dibekali dengan fitur canggih yang bernama NFC. Namun demikian, masih banyak pengguna yang belum paham apa fungsi NFC di smartphone yang mereka beli.

Hal ini umumnya dialami oleh para konsumen yang membeli Hp baru karena tertarik dengan spesifikasi dan fitur lainnya, seperti kapastias RAM, resolusi kamera ataupun kapasitas dan daya tahan betarainya.

Bacaan Lainnya

Sehingga mereka mengabaikan bahkan tidak terlalu peduli dengan fitur NFC ini. Padahal, fitur yang satu ini cukup sangat berguna jika kita tahu cara memanfaatkannya dengan benar.

Baca Juga :  Harga di Bawah 3,5 Juta, 3 Smartphone Ini Sudah Pakai NFC

Nah, pada kesempatan kali ini redaksi akan mengulas secara detail apa itu NFC dan apa sebenarnya fungsi dari fitur yang satu ini. Biar tidak penasaran, silahkan disimak artikel ini hingga usai.

Apa Itu NFC ?

NFC sendiri merupakan kependekan dari near field communication, yakni sebuah teknologi terbaru yang memungkinkan smartphone untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik lain dalam jarak yang dekat.

Teknologi ini tidak menggunakan koneksi WiFi, LTE atau sinyal lainnya sehingga pengguna bisa memanfaatkan fitur yang satu ini dengan cukup mudah.

Baca Juga :  Luna Simo, Ponsel Ini Bisa Internetan tanpa Kartu SIM atau WiFi

Jika masih belum paham, sepintas teknologi ini mirip dengan koneksi bluetooth tapi dengan kecepatan transfer yang lebih cepat dan canggih.

Fungsi NFC di Smartphone

Setelah secara sepintas mengetahui apa itu fitur NFC, selanjutnya akan kita bahas mengenai kegunaan atau fungsi dari fitur yang satu ini.

Secara umum, banyak mengira jika fitur ini hanya berguna sebagai sarana pembayaran elektronik saja misalnya digunakan ketika kalian ingin menggunakan fasilitas KRL atau sejenisnya.

Baca Juga :  Kerja Sama Dengan DANA, Kini BBM Bisa Digunakan Untuk Tranfer Uang

Namun ternyata, fitur NFC memiliki fungsi yang lebih dari itu. Berikut adalah beberapa fungsi fitur NFC pada sebuah smartphone yang jarang diketahui oleh penggunanya:

  • Transfer Data/File ke Komputer

Sama halnya dengan fitur bluetooth, NFC juga kurang lebih memiliki fungsi yang sama, yakni bisa digunakan untuk memindahkan atau transfer data dari smartphone ke komputer atau laptop.

Namun demikian, perangkat komputer atau laptop penerima juga harus memiliki fitur yang sama agar transfer data/file bisa berhasil.

Berbeda dengan bluetooth, transfer file dengan fitur dan teknologi NFC ini bisa dilakukan dengan lebih cepat, sehingga menghemat waktu.

  • Memindahkan Kontak Telepon

Fungsi NFC berikutnya adalah bisa digunakan untuk keperluan memindahkan kontak telepon antara perangkat  yang mendukung.

Cukup dengan menempelkan kedua perangkat, maka kontak bisa langsung berpindah dengan cepat tanpa harus repot mengetiknya lebih dahulu.

  • Melakukan Pembayaran Digital

Seperti yang sudah redaksi singgung diawal, fungsi NFC yang satu ini mungkin yang paling banyak diketahui oleh pengguna.

Baca Juga :  Adopsi Teknologi Digital, Masjid Ini Terima Zakat Dan Sedekah Bitcoin

Cukup dengan memasukan informasi terkait kartu kredit atau debit milik Anda, maka secara otomatis bisa langsung melakukan pembayaran di beberapa gerai yang menyediakan fitur ini dengan cepat tanpa harus mengeluarkan kartu kredit/debit Anda.

Beberapa tempat misalnya cafe, mall, atau beberapa area lain sudah banyak yang meyediakan fitur pembayaran dengan memanfaatkan teknologi NFC ini.

  • Memudahkan Terkoneksi dengan WiFi

Meski belum banyak, namun di beberapa tempat, seperti hotel, sudah menyediakan alat yang namanya WiFi porter.

Dengan alat yang satu ini, Anda bisa langsung dapat mengakses WiFi yang diperuntukkan untuk umum itu tanpa perlu mengisi kata sandi lebih dahulu.

Caranya jug acukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan smartphone yang sudah dibekali dengan fitur NFC, maka secara otomatis koneksi WiFi akan langsung tersambung.

  • Membuka Pintu

Jika Anda bekerja di sebuah kantor yang memiliki pintu dengan teknologi kunci digital maka dengan fitur NFC ini bisa menggantikan kartu yang biasa digunakan untuk membuka pintu.

Jadi dengan cara ini, akan lebih efektif karena Anda cukup menempalkan smartphone yang memiliki fitur NFC ke dekat tempat menempelkan kartu, dan secara otomatis pintu akan terbuka.

Baca Juga :  3 Cara Mudah Membuka Smartphone Android Yang Terkunci Atau Lupa Pola

Selain beberapa fungsi yang sudah redaksi jelaskan diatas, fungsi NFC di smartphone lainnya juga bisa digunakan untuk, menjalankan aplikasi diperangkat lain, memindahkan data ke smartphone lain, menyarankan aplikasi, dan masih banyak fungsi lainnya.

Jika smartphone Anda sudah dilengkapi dengan fitur ini, tidak ada salahnya Anda ngulik sendiri semua fungsi didalamnya dan mencoba untuk memanfaatkan fitur tersebut untuk memudahkan aktifitas harian Anda.

Pos terkait