Hindari Serangan Spyware Pegasus Dengan 4 Tips Berikut Ini

recode.ID – Bagi yang menyukai dunia teknologi dan cyber security, nama Spyware Pegasus tentu sudah tidak asing lagi.

Pasalnya, serangan Spyware Pegasus pada beberapa waktu yang lalu, sukses membuat gempar para pengguna WhatsApp, karena memang Spyware ini mengincar para pengguna layanan instant mesengger tersebut.

Bebarap pesohor dan tokoh dunia, mulai politisi, wartawan, dan pejabat pemerintahan di beberapa negara menjadi target virus jahat ini.

Lalu apa sebenarnya Spyware Pegasus ini ?

Beberapa sumber dari laman website terkemuka menyebut, jika spyware ini dibuat oleh perusahaan asal Israel, NSO Group.

Selain itu, Facebook selaku perusahaan pemilik WhatsApp juga telah merilis informasi dan menjelaskan bagaimana cara kerja dari virus jahat tersebut.

Baca Juga :  Aneh, Pembuat Ransomware Ini Meminta Tebusan Foto Vulgar Korbannya

Menurut analisa para pakar dan ahli keamanan di Facebook, menjelaskan bahwa NSO Group diketahui telah menyusupkan virus jahat tersebut melalui fitur video call yang ada di palform WhatsApp.

Begitu serangan spyware Pegasus masuk dan menginfeksi perangkat, dia akan langsung menjalankan kode berbahayanya di smartphone korban.

Hal lain yang membuat spyware ini makan berbahaya adalah, spyware Pegasus bekerja tanpa terdeteksi oleh pengguna dan juga sistem keamanan pada perangkat.

Spyware ini juga tidak menguras habis baterai perangkat korban layaknya malware yang banyak beredar. Bahkan memori dan penggunaan data yang sedikit sehingga pengguna  sulit melihat keanehan pada perangkat, sampai pengaturan self-destruct  ketika ketahuan sistem keamanan yang ada pada smartphone.

Meski untuk pengguna di  Indonesia sendiri belum ditemukan korban dari keganasan virus jahat ini, namun tidak ada salahnya menerapkan langkah preventif guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Lagi, Peneliti Temukan Malware Android Di Puluhan Aplikasi Pada Play Store

Para peneliti dan ahli kemanan digital dari Kaspersky, memberikan beberapa tips dan langkah pencegahan agar terhindar dari infeksi Spyware Pegasus.

1. Selalu Update Sistem Operasi Smartphone Anda

Update sistem keamanan pada smartphone memungkin untuk menutup celah atau bug yang ada pada sistem operasi yang digunakan.

Karena itu, pastikan Anda untuk selalu memperbarui sistem smartphone yang Anda gunakan selekasnya jika memang pembaharuan OS sudah tersedia.

Pembaharuan ini penting dilakukan untuk menambal celah keamanan yang berpotensi dieksploitasi oleh spyware Pegasus ini.

2. Pastikan Anda Menggunakan Aplikasi WA Terbaru

Melakukan update dan mengguna versi teranyardari WhatsApp juga memungkinkan anda terhindar dari serangan spyware ini. Karena celah atau bug pada aplikasi yang sebelumnya di jadikan jalan masuknya spyware ini akan di tambal pada versi terbaru

3. Gunakan Anti Virus Jika Perlu

Baca Juga :  Ratusan Juta Data Pengguna Facebook Bocor dan Bisa Di Akses Publik

Beberapa aplikasi anti virus terbaru sudah dilengkapi dengan database yang memuat informasi terkait spyware ini. Jadi ketika anda menginstall anti virus terbaru dan terupdate, maka akan muncul notofikasi jika smartphone anda kemungkinan mendapat serangan dari spyware ini.

4. Jangan Asal Install Aplikasi dan Jangan Asal Klik Link atau Tautan yang Tidak Jelas

Ketika mendapat kiriman link atau tautan yang tidak jelas, sebaiknya abaikan saja guna menghindari jebakan. Selain itu, pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi dari market aplikasi resmi seperti Google Play Store.

Layaknya kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati maka dengan menerapkan beberapa panduan dan tips di atas di harap anda bisa mencegah dan terhindar dari serangan spyware pegasus ini dikemudian hari.

(andra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: