5 Rekomendasi Kamera Untuk Keperluan Vlogging

recode.ID – Untuk menjadi seorang vlogger, salah satu poin penting yang harus di ketahui adalah selain kemampuan berbicara dan bergaya di depan kamera, juga kualitas kamera untuk keperluan vlogging itu sendiri.

Pasalnya, untuk menghasilkan gambar atau video yang bagus dan jernih diperlukan perangkat kamera untuk pengambilan gambar yang memiliki kualitas yang baik.

Fokus utamanya, ketika akan membeli sebuah kamera untuk keperluan vlogging adalah mengenai kualitas suara yang dihasilkan, layar LCD, auto focus, koneksi, serta stabilizer.

Biar tidak bingung, jika kalian ingin terjun kedua dunia vlogging, berikut ini redaksi recode.ID sudah siapkan rekomendasi beberapa tipe kamera untuk keperluan vlogging yang cukup berkualitas dan mempunya hasil gambar atau video yang cukup baik.

Rekomendasi Kamera Untuk Keperluan Vlogging

  • GoPro Hero 5 Black

Untuk merk yang satu ini, pasti sudah banyak diantara pembaca sekalian yang mengetahuinya. Pasalnya kamera GoPro termasuk salah satu jenis kamera yang paling banyak di gunakan saat ini.

GoPro bisa menjadi pilihan kamera untuk keperluan vlogging kalian. Desain kamera yang cukup mungil ini memiliki keunggulan yang bisa tahan terhadap segala kondisi yang tak menentu.

Baca Juga :  Huawei Pastikan Rilis Ponsel Layar Lipat 5G Huawei Mate X Juli 2019

Untuk membuat video didalam air pun, GoPro Hero Black 5 bisa digunakan untuk menyelam hingga kedalaman 10 meter tanpa tambahan housing.

Hasil videonya dengan kualitas 1080P pada 120fps hingga 4K pada 30fps dengan stabilisasi yang baik, membuat kamera ini layak untuk dipertimbangkan. Selain itu, harganya yang masih cukup terjangkau sekitar Rp 5,8 jutaan sudah sepatutnya merk ini jadi pilihan karena kualitas gambar dan juga kehandalannya.

  • Canon PowerShot G7X II

Berikutnya ada merk kamera dari Canon, yakni Canon PowerShot G7X II. Kamera untuk keperluan vlogging ini sudah cukup popupuler dikalangan para vlogger sejak pertama kali di luncurkan.

Kamera ini memiliki jarak fokus lensa 24-100 mm dan bukaan diafragma F1.8-2.8 dengan sensor 20.1 megapiksel. Dengan peningkatan prosesornya menjadi DIGIC 7 dibanding seri sebelunya,  PowerShot G7X II mampu merekam video full HD 1080 pada 60fps, time lapse, dan beragam efek kreatif lainnya.

Dibandrol dengan harga Rp 7 jutaan, merk kamera vlog yang satu ini juga layak untuk dipertimbangkan.

  • Canon EOS M10

Masih dari pabrikan Canon, seri berikutnya ada Canon EOS M10 yang juga merupakan rekomendasi kamera untuk keperluan vlogging terbaik saat ini.

Baca Juga :  Penasaran Seperti Apa Wujud Smartphone Pertama Di Dunia ? Ini Dia Penampakannya

Canon EOS M10 merupakan kamera mirorless dengan lensa yang dapat kamu copot dan ganti. Dengan layar LCD 3 inci yang bisa ditekuk hingga 180 derajat, jenis kamera ini merupakan kamera APS-C 18 megapiksel yang sudah dilengkapi dengan konektivitas nirkable seperti NFC dan juga wifi.

Mampu merekam video dalam format full HD pada 30fps dan sudah dilengkapi sistem fokus otomatis Hybrid CMOS AF II., harga yang ditawarkan untuk kamera jenis ini adalah Rp 5 Jutaan saja.

  • Panasonic Lumix LX10

Hargannya sekitar Rp 9 jutaan, namun kamera ini bersensor 1 inci dan juga dibekali lensa 24-72 mm dengan bukaan diafragma F1.4-2.8.

Meski cukup menguras isi kantong, kamera kompak ini sudah memiliki 5 axis Hybrid OIS+, yang akan membuat videomu stabil saat merekam video full HD.

Selain itu, kamera yang hanya berbobot 310 gram ini mempunyai kualitas foto 20 megapiksel serta memiliki fitur foto 4K , post focus, focus stacking, dan lain-lain. Jika kalian vlogger pemula dengan dana yang cekak, maka pertimbangkan kembali untuk memilih tipe kamera untuk keperluan vlogging yang lain.

Tapi, jika kalian dari golongan sultan, maka kamera ini cocok untuk kalian boyong guna memperoleh hasil yang memuaskan.

  • Sony Cyber-shot RX100 V

Buat vlogger pemula yang masih mau menjajal peruntungan di dunia youtube, sebaiknya abaikan jenis kamera ini. Kenapa ? karena harganya setara dengan harga motor matic. Ya, kamera Sony Cyber-shot RX100 V di hargai sekitar Rp 15 jutaan.

Baca Juga :  Di Jual Rp 1 Jutaan, Nokia 3310 Reborn Ini Sudah Di lengkapi Dengan Jaringan 3G

Tapi, ada harga ada rupa. Dengan banderol harga yang cukup mahal tersebut, kamera untuk keperluan vlogging yang satu ini bisa merekam video slow motion pada 960fps serta merekam video dalam format full HD pada 120fps hingga 4K pada 30fps.

Sony Cyber-shot RX100 V memiliki 315 titik fokus serta dilengkapi dengan lensa 24-70 mm dan bukaan diafragma F1.8-2.8. Dibekali dengan sensor CMOS, 20 megapiksel kamera vlog yang satu ini mampu merekam video hingga iso 12800.

Demikian rekomendasi kamera untuk keperluan vlogging yang bisa kalian pertimbangkan untuk membelinya. Mengingat harganya yang cukup membuat isi dompet kalian menipis, untuk vlogger pemula sebaiknya usahakan untuk mencari tipe kamera vlog yang lebih murah.

Tapi, jika kalian mengingkan kualitas gambar dan video yang WOW, maka tipe-tipe kamera diatas adalah perangkat wajib yang harus dimiliki oleh vlogger profesional.

(azzahra)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: