Beberapa Tipe dan Jenis Layar HP yang Harus Kalian Ketahui

recode.ID – Ketika ingin membeli samrtphone baru, hal pertama yang kalian lakukan pasti membaca review spesifikasi dari smartphone tersebut, termasuk salah satunya adalah mengenai tipe dan jenis layar HP yang digunakan.

Seringkali kita membaca beberapa istilah seperti LCD, AMOLED, TFT dan masih banyak istilah lain yang penulis yakin banyak di antara kalian masih bingung dengan istilah-istilah tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini redaksi recode.ID akan membahas mengenai istilah-istilah tersebut yang merupakan istilah yang digunakan untuk penamaan dari jenis layar hp yang di gunakan pada suatu perangkat smartphone.

Beberapa Tipe dan Jenis Layar HP

Dengan mengetahui jenis layar smartphone yang digunakan, kalian bisa membandingkan mana tipe layar HP yang terbaik yang akan menjadi bahan pertimbangan ketika ingin membeli smartphone baru.

Pasalnya, tak hanya soal kapasitas RAM, ROM, Prosesor yang digunakan serta resolusi kamera yang diusung, ketika membali smartphone baru jenis layar yang di gunakan juga layak jadi bahan pertimbangan.

Karena jenis layar yang digunakan pada sebuah perangkat smartphone, memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap interface yang ditunjukkan di layar smartphone. Bahkan, jenis layar smartphone yang digunakan juga memiliki peranan penting dalam konsumsi daya baterai.

Agar tak salah pilih, berikut penjelasan dari masing-masing istilah yang digunakan untuk layar smartphone.

  • Layar LCD (Liquid Crystal Display)

Tipe layar HP yang satu ini merupakan yang populer dan paling banyak digunakan di perangkat smartphone dalam beberapa tahun terakhir ini, atau smartphone tipe-tipe keluaran lawas.

Salah satu keunggulan layar smartphone jenis LCD ini adalah, tampilan layarnya yang masih tetap terlihat dengan jelas meski di gunakan dibawah sinar matahari langsung.

Penggunaan elemen yang terdiri dari kristal cair untuk menghasilkan warna dan padukan dengan cahaya backlight, merupakan komponen utama layar HP jenis LCD ini.

Kendati demikian, salah satu kekurangan dari layar smartphone ini adalah tampilan gambar yang dikeluarkan oleh layar LCD kurang detail dan mempunyai viewing angle yang sempit. Selain itu, layar jenis ini sangat boros konsumsi baterai.

  • Layar TFT LCD (Thin Film Transistor LCD)

Berikutnya, ada layar TFT LCD (Thin Film Transistor LCD). Ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari tipe layar HP yang sebelumnya.

Terjadi peningkatan kualitas gambar yang dihasilkan dengan mendukung jutaan warna di setiap pikselnya dan memiliki resolusi yang cukup tinggi, layar jenis TFT ini juga lebih unggul karena memiliki respon sentuhan yang lebih baik serta harga produksi yang tidak terlalu mahal.

Namun, kekurangan dari tipe TFT adalah konsumsi daya baterai yang cukup boros serta sudut pandang yang sempit ketika digunakan di bawah sinar matahari.

  • Layar IPS LCD (In Place Switching)

Tipe layar HP ini merupakan jenis layar smartphone yang umum di gunakan untuk tipe smartphone saat ini untuk kelas smartphone low-end.

Layar jenis IPS ini mempunyai sudut pandang yang lebih luas dari tipe TFT serta mempunyai kualitas tampilan gambar yang lebih baik.

Meski harga produksinya lebih mahal, namun konsumsi daya baterainya cukup irit.

  • Layar OLED (Organic Light Emitting Diode)

Umumnya layar tipe ini sering digunakan pada varian smartphone yang mengusung dimensi atau ukuran ponsel yang slim atau tipis.

Karena biaya produski yang mahal, maka tak heran jika layar HP jenis ini sering diterapkan pada seri smartphone dengan harga jual yang jauh lebih mahal ketimbang tipe IPS.

Tipe layar OLED sendiri dapat menghasilkan warna yang lebih pekat serta memiliki tingkat kecerahan yang sangat tinggi.

  • Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

Layar jenis ini lebih banyak di gunakan pada perangat keluaran pabrikan ponsel Samsung. Ini merupakan gabungan antara teknologi teknologi OLED dan juga TFT.

Layar jenis ini dinilai jauh lebih efisien dari sisi dimensi serta diklaim lebih irit konsumsi daya baterainya. Namun, untuk biaya produksi layar jenis ini tentu sangat mahal.

Maka, layar jenis AMOLED ini kebanyakan digunakan pada smartphone flagship atau premium dengan harga yang cukup mahal.

  • Layar Retina Display

Layar HP jenis ini adalah yang di gunakan khusus untuk smartphone buatan Apple. Layar tipe Retina Displya memiliki kualitas gambar yang sangat tajam dan jernih dengan warna yang natural.

Baca Juga :  Ternyata Ini Yang Jadi Penyebab Performa iPhone Melambat

Maka tak heran, jika iPhone yang menggunakan jenis layar ini sangat mahal harganya. Karena kualitas yang dihasilkan sudah tidak perlu di ragukan lagi.

  • Layar Super AMOLED

Ini adalah pengembangan termuthakir dari layar tipe OLED.  Keungggulan layar jenis ini adalah dimensinya yang cukup tipis dengan tampilan warna yang tajam serta konsumsi daya yang sangat irit.

Layar HP jenis ini digunakan untuk smartphone high-end dengan banderol harga yang cukup menguras isi kantong. Selain itu, kekurangan layar smartpone jenis ini adalah jika mengalami kerusakan maka harus menggantinya sepaket antara layar dan touchscreen sekaligus.

Demikian beberapa jenis layar smartphone yang digunakan pada semua varian smartphone, mulai dari yang murah hingga yang termahal.

Ketika akan membeli  smartphone baru, dan fokus pada urusan layar maka usahakan untuk mencari smartphone denga tipe layar yang sudah mempunyai pelindung layar seperti Dragontail, Gorilla Glass, dan yang lainnya.

(ikhsan)

Topic:

Menarik Untuk Anda Baca: