oleh

Kuota Internet Cepat Habis Hanya Dalam Beberapa Hari, Ini Dia Penyebabnya

recode.ID – Di era serba digital seperti saat ini kebutuhan akan akses internet sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Bagi para pengguna internet khususnya yang di akses lewat perangkat mobile pemakaian akses internet akan di batasi oleh jumlah kuota yang di berikan olah pihak operator seluler, mulai dari yang megabyte hingga hitungan gigabyte.

Namun, pernahkah anda mengalami kejadian ketika baru saja membeli sejumlah kuota internet namun hanya selang hitungan hari kuota internet cepat habis dan berkurang secara drastis. Ternyata ada sebagian orang yang awam akan hal ini, berikut recode.ID berikan penjelasannya mengapa kuota internet cepat habis dalam waktu singkat.

1.Sering mengakses video di Youtube secara berlebihan.

Penyebab kenapa kuota internet cepat habis yang pertama adalah seringnya anda mengkases konten hiburan di youtube secara berlebihan. Bagi anda pecinta film atau video clip lagu pasti sering mengunjungi situs youtube. Situs video sharing ini memang menawarkan kemudahan dalam menonton sejumlah film dan videoclip lagu serta video-video lainya.

Namun tahukan anda situs youtube akan menyedot kuota internet anda 50 MB permenit. tinggal kalikan aja berapa menit anda menonton setiap videonya.

2.Melakukan obrolan video/video call.

Beberapa aplikasi chat atau messangger sekarang di lengkapi dengan fasilitas video call. Misalnya, Line, Facebook mesaanger, Skype dan beberapa platform lain yang menyediakan fitur video call. Meski menawarkan keasyikan tersendiri dalam hal berkomunikasi dengan lawan bicara kita, ternyata pemakaian aplikasi ini justru menyedot kuota internet anda rata-rata antara 4 sampai dengan 5 MB per menitnya.

3. Bermain Game Online

Anda seorang gamer dan suka bermain permanian video game secara online, semisal Asphalt 8,Modern Combat 5: Blackout dsb, bersiap-siaplah untuk merasakan borosnya penggunaan data internet yang berimbas pada berkurangnya kuota internet anda.

Apalagi jika anda sudah kecanduan game online bergenre MOBA seperti Mobile Legends, AOV dan beberapa game versi mobile lainnya, maka siap-siap akan kehilangan banyak kuota internet dalam waktu yang cukup singkat.

4.Mendengarkan musik streaming atau radio online.

Saat ini mendengarkan musik atau hiburan secara streaming merupakan sesuatu yang lumrah. Hal itu di karenakan semakin menjamurnya penyedia dan layanan konten hiburn music yang menawarkan kemudan dalam mengakses hiburan dan music

Selain itu, tidak dapat di pungkiri bahwa mendengarkan radio,merupakan salah satu alternative hiburan yang sangat mengasyikan. Terlebih jika anda sedang pergi keluar daerah atau keluar kota mendengarkan radio di kampung halaman akan semakin mudah berkat aplikasi radio online.

Namun di balik mudahnya mengkases radio online anda harus sedikit rela kuota internet cepat habis karena layanan streaming seperti itu akan menyedot kuota internet and dalam jumlah yang cukup lumayan

5. Mengaktifkan update aplikasi secara otomatis.

Perangkat mobile sekarang sudah di lengkapi dengan fasilitas update aplikasi otomatis yang memudahkan setiap penggunanya untuk tetap mendapatkan performa terbaik di setiap aplikasi. Namun justru hal itu akan menjadi bumerang buat anda apabila anda tidak pandai-pandai dalam memanage penggunaan aplikasinya.

Beberapa aplikasi akan melakukan update otomoatis tanpa anda sadari,yang tentu akan mengakibatkan berkurangnya jumlah kuota internet anda. Untuk mengakalinya setting aplikasi pada perangkat anda hanya melakukan update ketika terkoneksi ke wi-fi saja.

Demikian sedikit penjelasan mengapa kuota internet cepat habis dalam waktu yang cukup singkat. Jadi,bijak-bijaklah dalam memanajemen penggunaan kuoa internet anda dan di jamin gak bakal bikin kantong jebol.

(andra/sc)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Artikel Pilihan Redaksi