oleh

Awas Jangan Di Buka. Pesan Di WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Hang

recode.ID – Sebuah kiriman pesan di whatsapp di kabarkan bisa membuat smartphone penerima pesan tersebut menjadi hang, atau tak bisa di gunakan untuk beberapa saat.

Melansir dari laman Androidterritory, pesan di whatsapp tersebut berisi sebuah icon atau simbol berupa bulatan titik besar berwarna hitam.

Dalam pesan tersebut, simbol atau icon titik hitam besar yang diikuti teks “Don’t touch here” dipercaya bisa membuat aplikasi WhatsApp penerima menjadi crash dan juga smartphone ikut hang.

Meskipun mulanya banyak yang menduga pesan tersebut adalah hoax, namun tak sedikit yang membuktikan keaslian pesan tersebut.

Awas Jangan Di Buka. Pesan Di WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Hang
Awas Jangan Di Buka. Pesan Di WhatsApp Ini Bisa Bikin Smartphone Hang

Mengutip dari media yang sama, pesan di whatsapp tersebut ternyata adalah karakter dalam format kode pemrograman ASCII (American Standard Code for Information Interchange) yaitu standar pengkodean yang di gunakan oleh Negara Amerika Serikat.

Dengan kata lain di dalam pesan itu sebenarnya tersembunyi ribuan karakter berupa simbol, huruf, dan angka yang akan membebani kinerja WhatsApp.

Pihak WhatsApp biasanya akan mengatasi pesan yang terlalu panjang dengan memberi embel-embel ‘read more‘ pada pesan yang memiliki banyak karakter, sehingga pesan yang di tampilkan menjadi lebih ringkas.

Namun, dalam kasus pesan di whatsapp yang berisi simbol atau icon berupa bulatan titik hitam tersebut, aplikasi WhatsApp ‘dipaksa’ untuk menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang akhirnya membuat kinerja aplikasi tersebut menjadi sedikit terganggu dan mengalami crash.

Kendati demikian, meski membuat smartphone tak bisa digunakan dalam beberapa saat, semua akan menjadi normal kembali seperti sedia kala dalam beberapa menit kemudian.

Sementara itu, laman Phone Arena menyebut jika pesan di whatsapp tersebut ternyata selain membuat aplikasi dan smartphone menjadi crash dan hang juga bisa berdampak lebih mengerikan yakni membuat smartphone penerima pesan tersebut menjadi rusak atau mati.

Pesan teks ini memiliki simbol tersembunyi di antara spasi. Ketika pengguna WhatsApp mengetuk bagian dari salah satu pesan, simbol-simbol yang tersembunyi meluas, menutupi WhatsApp dan OS Android. Itu menyebabkan aplikasi dan/atau smartphone mati.

Namun menariknya adalah, pesan ini hanya berefek terhadap aplikasi Whatsapp yang menggunakan sistem operasi Android. Untuk aplikasi WhatsApp yang terinstall di iPhone atau iOs dan komputer, pesan di whatsapp berupa bulatan titik hitam ini tidak berakibat apa-apa.

Sementara itu, menanggapai isu keamanan atau bug di platform milik mereka, pihak WhatsApp sendir belum memberikan keterangan resmi terkait insiden pesan berantai tersebut.

Kemungkinan masalah ini masih dalam tahap penyelidikan dan akan memakan waktu beberapa hari. Oleh karena itu disarankan untuk para pengguna WhatsApp terutama smartphone dengan basis sistem operasi Android untuk mengabaikan pesan di whatsapp yang mencurigakan.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Artikel Pilihan Redaksi