Nantinya, Satu Akun WA Bisa Login di Perangkat yang Berbeda Sekaligus

  • Whatsapp
Nantinya, Satu Akun WA Bisa Login di Perangkat yang Berbeda Sekaligus

recode.ID – Kabar gembira bagi para pengguna aplikasi perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp. Nantinya, para pengguna bisa login satu akun WA mereka di beberapa perangkat yang berbeda sekaligus.

Hadirnya kemampuan ini merupakan jawaban atas permintaan banyak pengguna yang menginginkan platform pesan instant tersebut menghadirkan fitur untuk bisa login satu akun WA di perangkat yang berbeda secara bersamaan.

Bacaan Lainnya

Meski saat ini masih belum secara resmi di luncurkan, namun fitur tersebut sudah bisa ditemukan di WhatsApp versi beta.

Baca Juga :  Makin Mudah, Kirim DM Instagram Kini Bisa Lewat Desktop

Sebenarnya, isu mengenai kehadiran fitur ini sudah mulai terdengar sejak pertengahan tahun 2019 lalu, namun sejak saat itu belum ada informasi lebih lanjut tentang fitur ini.

Hingga beberapa hari lalu, laman WABetaInfo mengkonfirmasi akan hadirnya fitur ini lewat WhatsApp versi beta.

Sekedar informasi, untuk saat ini penggguna memang hanya di ijinkan untuk menggunakan satu akun WhatsApp hanya pada  satu perangkat saja.

Saat pengguna ingin berpindah menggunakan perangkat yang berbeda, akun WhatsApp yang ada pada perangkat yang satunya harus dimatikan terlebih dahulu untuk kemudian bisa log-in di perangkat yang baru.

Begitu juga ketika pengguna ingin login dan terhubung dengan WhatsApp web yang ada di komputer, pengguna harus dengan menggunakan kode QR dimana cara ini pun memiliki keterbatasan karena ponsel yang terinstall aplikasi WA juga harus terkoneksi dengan internet.

Baca Juga :  Microsoft Office 2019 Akhirnya Resmi Di Rilis

Dengan demikian, seperti melansir dari laman WABetaInfo, dengan hadirnya fitur baru ini nantinya, tentu akan sangat memudahkan para pengguna untuk bisa menggunakan satu akun WA saja untuk di gunakan di lebih dari satu perangkat yang berbeda secara bersamaan.

Namun, sejauh ini belum ada kepastian kapan fitur ini akan segera di luncurkan. Mengingat pihak WhatsApp sendiri sangat concern terhadap masalaha keamanan data penggunanya.

Seperti diketahui, WhatsApp sendiri selama ini menggunakan enkripsi end-to-end di semua perangkatnya, sehingga apabila akan menghadirkan suatu fungsi baru, misalnya menambah atau menghapus perangkat, maka akan ada kunci enkripsi baru untuk semua jalur komunikasi WhatsApp di masa mendatang.

Baca Juga :  Biar Makin Aman, Begini Cara Mengaktifkan Fitur Sidik Jari di WhatsApp

Semua kontak dalam daftar pertemanan akan menerima pemberitahuan tentang perubahan kunci enkripsi dalam chat mereka.

Namun, di sisi lain dukungan lintas-platform akan rumit karena WhatsApp mengandalkan Google Drive sebagai media back up di Android dan iCloud untuk pengguna dengan basis sistem operasi iOS.

Jadi, kita tunggu saja kapan fitur ini nantinya akan menyambangi pengggunanya.

(azzahra)

Pos terkait