oleh

Mau Transfer Uang, Pakai WhatsApp Payments Saja

recode.ID – WhatsApp di kabarkan tengah mengembangkan layanan baru untuk memudahkan pengguna instan messengger tersebut dalam melakukan pembayaran online dan tranfer uang ke sesama pengguna WhatsApp. Setelah 10 bulan sejak wacana tersebut bergulir, akhirnya pada Minggu (11/2/2018) pihak WhatsApp meluncurkan fitur tersebut dalam versi Beta, yang di beri nama WhatsApp Payments.

Mengutip dari laman online Tech Crunch, anak perusahaan sosial media besutan Mark Zuckerberg tersebut sedang menguji coba fitur baru itu secara terbatas di negara India. Namun kedepan, pihak WhatsApp akan berupaya terus memperluas fitur pembayaran online untuk menjangkau ke seluruh negara pengguna WhatsApp.

Dengan di hadirkannya fitur pembayaran ini, nantinya pengguna aplikasi berkirim pesan singkat ini akan di mudahkan dalam hal mengirim uang ke sesama pengguna WA. Namun, untuk fitur pembayaran online ke merchant, saat ini masih belum bisa di gunakan.

Hal itu bisa jadi di  karenakan fitur WhatsApp Payments ini tergolong layanan barru, sehingga belum terintegerasi dengan sistem pembayran e-commerce yang sudah ada.

                                                       Tampilan WhatsApp Payments

Di pilihnya India sebagai Negara pertama peluncuran fitur baru WhatsApp Payments ini karena India merupakan negara dengan jumlah pengguna WhatsApp terbanyak saat ini. Menurut data, pengguna WA di negeri Bollywood tersebut saat in mencapai 200 juta pengguna.

Selain itu, kehadiran WhatsApp Payments di India untuk kali pertama ini tak terlepas dari telah terintegrasinya Unified Payment Interface (UPI) yang didukung berbagai bank yang ada di Negara tersebut tersebut, seperti State Bank of India, ICIC Bank, HDFC Bank, hingga Axis Bank.

Untuk dapat menikmati fitur WhatsApp Payments ini, pengguna WA hanya perlu masuk ke bagian menu setting. Setelah itu akan di lakukan verifikasi nomor telepon melalui SMS dan memilih bank. Jika sudah, maka opsi Payments nantinya akan tersedia di interface utama WhatsApp.

Dengan di hadirkannya fitur WhasApp Paymets ini, maka WhatsApp berpotensi menjadi salah satu penyedia layanan P2P (peer-to-peer) terkuat di India. Hal tersebut mengingat saat ini telah jutaan orang yang telah terkoneksi dan menggunakan layanan WA.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya

Artikel Pilihan Redaksi