oleh

WhatsApp Down, Instagram dan Facebook Juga Alami Hal Serupa

recode.ID – Layanan pesan instant WhatsApp down, dan dikabarkan tak bisa di akses secara normal di sejumlah negara pada Rabu (3/7/201) mulai pukul 10.00 WIB.

Pengguna yang berkomunikasi via WA hanya bisa berkirim pesan teks, sementara fitur pesan suara, berkirim dan mengunduh foto dan video tak bisa di gunakan sebagaimana mestinya.

Di Sponsori Oleh:

Menurut keterangan sejumlah pengguna, ketika mereka mendapat kiriman entah berupa file, pesan suara, foto maupun video meraka mengatakan tidak bisa mengunduh semua kiriman tersebut.

Saat akan mengunduh kiriman gambar yang masuk misalnya, aplikasi WhatsApp memberi notifikasi “download failed” dan konten pun tidak bisa diunduh sama sekali.

Dari pantauan laman layanan pendeteksi website yang sedang down, Down Detector, tumbangnya layanan WhatsApp ini terlihat di sejumlah wilayah Eropa, Inggris, Amerika Selatan, dan sejumlah negara di Asia termasuk Indonesia juga mengalami nasib serupa.

Tak hanya layanan WhatsApp saja yang mengalami down, media sosial populer seperti Instagram dan facebook juga di kabarkan mengalami hal serupa.

Dari pantauan Down Detector, layanan platform photo sharing Instagram terlihat tak bisa di akses di sejumlah negara Eropa seperti Inggris, Swedia dan beberapa negara lainnya termasuk untuk pengguna di tanah air.

MenurutĀ  laporan sejumlah pengguna yang “curhat” di situs microblogging Twitter, mereka mengeluh tidak bisa mendapatkan update gambar-gambar terbaru yang diunggah laman akun Instagram mereka.

Selain itu, sebagian pengguna juga mengaku tak bisa mengunggah Instagram Stories dan gambar di feed Instagram merekadalam kurun waktu beberapa jam terakhir ini.

Sementara untuk layanan facebook, media sosial besutan Mark Zuckerberg itu juga di kabarkan tak bisa menampilkan sejumlah foto di timeline pengguna.

Akun facebook pengguna akan mengalami pemberitahuan error ketika akan melihat kiriman foto yang terlihat blank dan menampilkan halaman kosong.

Sejauh ini, pihak facebook masih belum mengkonfirmasi penyebab tak bisa di aksesnya sejumlah layanan mereka, apakah karena adanya aktifitas serangan cyber atau sedang ada maintenance di layanan mereka.

Terkait insiden WhataApp Down serta layanan Facebook dan Instagram yang tak bisa diakses secara normal, seorang juru bicara Facebook menjelaskan, pihaknya sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya ke kondisi normal secepat mungkin.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang dan bisnis saat ini mengalami masalah dalam mengunggah atau mengirim gambar, video dan file lainnya di aplikasi kami. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya ke kondisi normal secepat mungkin,” katanya seperti di kutip dari laman Mirror Online.

Kejadian WhatsApp down yang selalu di barengi dengan tak bisa diaksesnya layanan Facebook dan Instagram bukanlah sesuatu yang aneh.

Pasalnya, ketiga platform ini diketahui merupakan layanan yang masih satu induk dan menggunakan layanan server yang sama.

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya