oleh

Ingin Serius Jadi Coder, 7 Situs Belajar Coding Gratis Ini Wajib Dikunjungi

recode.IDIngin Serius Jadi Coder, 7 Situs Belajar Coding Gratis Ini Wajib Dikunjungi – Saat ini salah satu profesi di bidang IT yang cukup menjanjikan adalah profesi sebagai Coder. Anggapan sebagian orang, jika ingin serius menggeluti dunia IT sebagai Coder maka harus menempuh pendidikan di jurusan yang ada kaitannya dengan komputer.

Nampaknya anggapan itu kini sudah tak lagi berlaku. Pasalnya, dengan semakin majunya teknologi internet, untuk mempelajari suatu hal kita cukup mencari referensi dan caranya melalui internet. Begitu juga dengan coding, tak harus kuliah di jurusan IT, jika ingin serius mendalami dunia coding, belajar lewat Internet pun bisa dijalani.


Nah, jika kalian ingin mengasah skill dan menambah wawasan kalian tentang coding, 7 situs belajar coding gratis ini patut kalian coba untuk kunjungi.

7 Situs Belajar Coding Gratis Berbahasa Inggris Yang Wajib Kalian Kunjungi

1. CodeAcademy

Situs belajar coding gratis yang pertama yang bisa kalian kunjungi adalah CodeAcademy. Situs kursus coding gratis secara online ini cukup populer di kalangan coder, baik yang masih tahap belajar hingga yang sudah level profesional semua nimbrung di situs ini.

Saat ini, sudah lebih dari 24 juta orang yang terdaftar disitus tersebut yang belajar cara coding yang benar melalui website ini secara gratis. Di situs CodeAcademy, kamu yang tertarik untuk belajar coding bisa terjun langsung dan mengikuti kursus yang mengajarkanmu semua bahasa pemrograman populer mulai dari HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Python dan Ruby.

2. Coursera

Selain CodeAcademy, situs belajar coding gratis lainnya yang wajib diikuti adalah Coursera. Didirikan pada 2012 silam, situs ini telah tumbuh menjadi sebuah perusahaan teknologi pendidikan nirlaba besar yang telah menawarkan lebih dari 1.000 program yang berasal dari 119 institusi.

Beberapa universitas terkenal seperti Universitas Washington, Stanford, Universitas Toronto dan Vanderbilt akan memberikan sejumlah kursus pengatar pemrograman secara gratis melalui website ini.

3. EdX

Selanjutnya situs belajar coding gratis yang harus kalian kunjungi jika ingin belajar coding secara online adalah EdX. Lembaga kursus online gratis ini didirikan oleh salah satu universitas paling terkeal didunia yakni Harvard University dan MIT pada tahun 2012.

Disini kalian akan belajar bagaimana cara coding, mulai dari yang basic hingga expert. Salah satu materi pelajaran yang cukup populer di EdX adalah Introduction to Computer Science dari Universitas Harvard.

4. Udemy

Situs ini sudah ada sejak 8 tahun lalu. Didirikan pada 2010 silam, situs belajar coding gratis ini adalah salah satu platform pembelajaran online yang bisa digunakan sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan kerja di bidang IT khususnya yang ingin berprofesi sebagai coder.

Selain menyediakan kursus yang berbayar, namun ada banyak juga metari kursus seputar pemrograman yang diberikan secara gratis. Selain melalui artikel kurusus coding juga diajarkan lewat video sehingga lebih mudah untuk dipahami.

5. GitHub

Github bisa dikatakan sebagai perpustakaan online yang berisi semua materi coding. Karena di situs belajar coding gratis Github ini, kalian bisa menemukan lebih dari 500 buku pemrograman gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman berbeda di layanan hosting repositori Git yang berbasis web.

Selain tersedia gratis atau open source, semua koleksi buku yang ada di GitHub sering diperbaharui sehingga dipastikan kalian yang tengah belajar coding bisa mendapatkan buku-buku atau materi yang terupdate.

6. CodeAvengers

What ? Avengers ? apakah kalian akan di ajari oleh Tony Stark yang ahli di bidang komputer itu ?. TIDAK. Meski nama yang usungnya sama dengan The Avengers, faktanya tempat ini bisa menjadi referensi kalian yang sedang mencari situs belajar coding gratis.

Berbasis di negara Selandia Baru, Code Avengers menyediakan kursus pemrograman yang menyenangkan dan interaktif. Di situs Code Avengers ini kalian akan diajarkan cara coding yang benar mulai coding website, permainan, aplikasi, dengan menggunakan beberapa bahasa pemrogaman populer.

Dalam setiap kursus yang diberikan hanya membutuhkan waktu 12 jam untuk menyelesaikannya. dan Asyiknya, situs ini dalam bahasa berbagai versi bahasa, seperti Inggris, Rusia, Belanda, Spanyol, Italia, Turki, juga Portugis.

7. Khan Academy

Situs belajar coding gratis yang kami rekomendasikan selanjutnya untuk anda yang ingin serius belajar coding adalah Khan Academy.

Didirikan pada tahun 2006 silam oleh Salman Khan, Khan Academy adalah salah satu lembaga pembelajaran online gratis yang cukup populer saat ini.

Tutorial coding yang diberikan berupa video step by step sehingga pelbih mudah dipahami oleh mereka yang masih awam. Disini kalian bisa mempelajari cara memrogram gambar, animasi, dan permainan menggunakan JavaScript dan ProcessingJS atau mempelajari cara membuat halaman web dengan HTML dan CSS.

Sebenarnya masih banyak situs belajar coding gratis lainnya yang bisa kalian kunjungi. Di lain kesempatakan kita juga akan kasih referensi situs belajar coding berbahasa Indonesia. jadi tetap ikuti terus ya, artikel-artikel menarik dari recode.ID

(aufa)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya