oleh

Resmi Di Rilis, Ini Daftar Smartphone Yang Kebagian Update Android Pie

recode.ID -Setelah sebelumnya di umumkan dalam gelaran Google I/O Mei 2018 lalu, akhirnya pada 7/08/2018 akhirnya Google secara resmi meluncurkan pembaruan sistem operasi Android terbaru mereka, yakni seri Android P (9.0), yang mereka namakan Android Pie.

Melansir dari laman CNET, update terbaru pada sistem operasi robot hijau ini berfokus pada  peningkatan kemampuan dalam penghematan daya pada perangkat yang menggunakan Android Pie. Selain itu, peningkatan performa dan kinerja serta kecepatan juga menjadi poin utama dalam pembaharuan kali ini.


Beberapa fitur baru juga turut hadir dalam update Android P kali ini. Salah satu fitur yang paling menarik dalam Andoid Pie adalah fitur bernama App Actions.

Dengan fitur baru ini, memungkinkan sistem operasi Android Pie untuk memprediksi tindakan apa yang akan dilakukan oleh pengguna dalam pengoperasian perangkat mereka.

Tak hanya itu, fitur App Actions ini  juga memungkinkan developer aplikasi untuk meningkatkan kemampuan aplikasinya termasuk membuat konten yang lebih mudah diakses oleh pengguna. Jadi, nantinya pengguna perangkat dengan OS Android P ini dapat melakukan sejumlah tindakan dengan lebih cepat.

Fitur ini dapat berlaku di sejumlah aplikasi, seperti Google Search, Google Play, Google Assistant, dan launcher Android. Nantinya, rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan pemakaian dan relevansinya dengan pengguna.

Selain fitur di atas, fitur baru yang cukup canggih dalam update Android P adalah fitur yang bernama Slice. Fitur ini mampu menampilkan antarmuka aplikasi di dalam hasil pencarian Google Search termasuk Google Assistant.

Dalam Updatenya kali ini, Android Pie di lengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelengence (AI) buatan Google sendiri. Selain itu sistem operasi terbaru kali ini juga mendukung untuk penerapan notch atau poni yang kini tengah menjadi tren di beberapa smartphone keluaran terbaru.

Sepintas, Navigasi dalam update OS Android P yang berbasis gesture ini mirip dengan sistem operasi iOS yang di gunakan dalam iPhone x. Jadi, navigasi untuk kembali ke halaman depan, berpindah ke aplikasi lainnya, atau membuka Google Assistant dapat dilakukan hanya dengan satu tombol Home.

Sementara itu, seperti biasanya untuk update Android P kali ini smartphone milik Google yang pertama kali bisa mencicipi manisnya makanan pencuci mulut ala Android Pie ini. Sederet seri dari Smartphone Google Pixel mulai dari Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL sudah siap untuk pembaharuan sistem operasinya.

Selain smartphone “anak emas” milik Google di atas, smartphone buatan Bapak Android, Andy Rubin yang di kenal dengan nama Essential Phone juga di kabarkan sudah bisa mengupdate sistem operasi yang mereka gunakan.

Disamping dua merek smartphone di atas, beberapa vendor smartphone lainnya yang di kabarkan siap untuk update ke Android Pie tahun ini adalah seri Android One, OnePlus 6, Sony Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Xiaomi Mi MIX 2s selambat-lambatnya akhir tahun 2018 ini.

Sedangkan untuk beberapa smartphone lain dari pabrikan Samsung, LG, Motorola, dan beberapa vendor smartphone lainnya akan baru mendapatkan update Android Pie pada awal 2019.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya