Format Aplikasi Android Sekarang AAB, Tidak Lagi APK

Format Aplikasi Android Sekarang AAB, Tidak Lagi APK

recode.ID – Ketika pertama kali di rilis, format aplikasi yang bisa terpasang di sistem operasi Android adalah format APK atau Android Package Kit. Namun, pihak Google selaku pengembang OS Android mengumumkan bahwa kini format untuk aplikasi Android berubah menjadi AAB.

Perubahan format aplikasi Android menjadi AAB ini mulai bergulir per tanggal 1 Agustus 2021, sehingga ketika kalian menginstall aplikasi dari Play Store mulai sejak saat ini maka format aplikasi sudah berubah menjadi format aplikasi baru.

Bergulirnya perubahan format aplikasi ini ditujukan agar perangkat Android lebih maksimal menjalankan aplikasi yang terpasang dengan format AAB.

Lantas, apa itu format aplikasi AAB dan apa perbedaanya dengan format aplikasi sebelumnya? berikut akan redaksi ulas sebagai bahan informasi dan pengetahuan untuk kalian semua.

Mengenal Apa Itu Format Aplikasi AAB

Setelah secara resmi mulai di gunakan sebagai format aplikasi Andoid baru, format ABB dinilai lebih baik ketimbang versi APK lawas.

Sekedar informasi buat kalian yang belum tahu, AAB sendiri meurpakan singkatan dari dari Android App Bundle (AAB).

Informasi mengenai pergantian format file aplikasi untuk Android dengan AAB itu sendiri sebenarnya sudah mulai di sampaikan oleh pihak Google di ajang Google I/O 2018 lalu.

Sama halnya dengan format file APK, format aplikasi AAB merupakan juga berisi aneka kode untuk suatu aplikasi yang akan di jalankan pada perangkat berbasis sistem operasi Android.

Namun yang membedaknnya, menurut penjelasan pihak Google format file AAB diklaim lebih mumpuni disebabkan pendistribusiannya akan lebih dinamis dan menyesuaikan dengan spesifikasi dari perangkat yang akan di pasang dengan aplikasi tersebut.

Salah satu kelebihan dari format file AAB ini, lebih lanjut pihak Google menjelaskan bahwa nantinya aplikasi dalam format file AAB akan memiliki ukuran file yang lebih kecil.

Sehingga nantinya aplikasi-aplikasi yang tersedia di Play Store akan semakin cepat diunduh oleh pengguna, karena size aplikasinya yang kecil.

Hal ini tentu akan berimbas pada penggunaan paket data internet seluler yang lebih irit dan tentunya tidak membuat ruang penyimpanan menjadi cepat penuh.

Pos terkait