Instagram kembali Rilis Aplikasi Versi Lite Dengan Ukuran Hanya 2MB

Instagram kembali Rilis Aplikasi Versi Lite Dengan Ukuran Hanya 2MB

recode.ID – Instagram dikabarkan baru saja merilis aplikasi versi lite, untuk kalangan pengguna yang masih menggunakan perangkat low end atau pengguna yang berada diwilayah yang jaringan internetnya yang belum memadai.

Sama halnya, dengan beberapa aplikasi versi lite dari platform lain, misal Facebook Lite, Twitter Lite aplikasi Instagram Lite ini memang menyasar pengguna di beberapa negara-negara yang jaringan internetnya belum stabil sekaligus untuk para pengguna yang memakai perangkat di kelas entry level.

Melansir dari laman Ubergizmo, kehadiran aplikasi ringan ini sebenarnya bukanlah hal baru bagi pengguna Instagram.

Pasalnya, aplikasi versi Lite ini dulu pernah dihadirkan oleh pihak Instagram pada tahun 2018 silam. Namun entah kenapa pada awal tahun 2020 lalu, pihak Instagram menghapus aplikasi ini.

Pihak Instagram beralasan, dihapusnya aplikasi Instagram versi Lite awal 2020 lalu dikarenakan pihaknya tengah memperbarui Instagram Lite ke versi terbaru.

Jelang akhir tahun 2020, akhirnya platform berbagai foto paling populer ini kembali mengumumkan kembali hadirnya Instagram Lite.

Instagram Lite Hadir Dengan Fitur yang Terbatas

Karena ini merupakan versi lite, maka fitur yang ada di dalamnya juga tak akan sama dengan yang versi standar.

Beberapa fitur di IG seperti Reel, IGTV, dan filter Instagram berbasis AR yang ada di Stories tidak akan tersedia di aplikasi Instagram yang versi Lite ini.

Namun untuk beberapa fitur utama seperti feed dan Instagram Stories, pengguna bisa mengakses dan menggunakannya layaknya Instagram reguler.

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Instagram kapan aplikasi versi lite ini akan tersedia secara global termasuk Indonesia.

Karena seperti diketahui, beberapa wilayah di Indonesia masih belum begitu bagus koneksi internetnya. Sehingga aplikasi ringan semacam ini tentu sangat berguna agar tetap bisa mengakses layanan Instagram dengan lancar.

Pos terkait