Berapa Pengguna Aktif Medsos di Indonesia Saat Ini?

  • Whatsapp
Berapa Pengguna Aktif Medsos di Indonesia Saat Ini?

recode.ID – Dengan semakin naiknya jumlah pengguna internet di Indonesia, jumlah pengguna aktif media sosial (Medsos) pun turut bertambah.

Hal ini disebabkan semakin meratanya jaringan internet yang ada di tanah air, meski tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak juga wilayah di Indonesia yang masih belum tercover jaringan internet.

Bacaan Lainnya

Dalam laporan terbaru disebutkan, bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai sekitar 202,6 juta.

Jumlah ini melebihi setangah dari populasi masyarakat Indonesia, yang jika dilihat dari jumlah populasi saat ini sekitar 274,9 juta jiwa.

Baca Juga :  Gunakan Teknologi Kecerdasan Buatan, Ini Dia Prediksi Juara Piala Dunia 2018

Berapa Pengguna Aktif Medsos ?

Lantas, dengan jumlah pengguna internet yang demikian besar tersebut, berapa yang aktif sebagai pengguna media sosial di Indonesi?

Mengutip dari laporan yang dirilis We Are social, sebuah perusahaan asal Inggris bekerja sama dengan Hootsuite per Januari 2021, pengguna aktif Medsos bertambah 6,3% atau setara 10 juta pengguna dibandingkan pada Januari 2020.

Itu artinya, saat ini pengguna medsos di Indonesia kini mencapai 170 juta pengguna. Dengan kata lain, sebanyak 61,8% pengguna internet merupakan pengguna yang aktif juga di Medsos.

Namun, menariknya dalam laporan tersebut ditemukan fakta unik bahwa dari 170 juta pengguna aktif Medsos di Indonesia itu, 168,5 juta mengaksesnya melalui perangkat mobile, seperti smartphone.

Baca Juga :  Jumlah Like Facebook Hilang, Hanya Pembuat Status yang Bisa Melihat

Fakta menarik lainnya adalah, dalam laporan We Are Social dan Hootsuite menyebutkan rata-rata pengguna medsos Indonesia bisa menghabiskan total waktu sampai 3 jam 14 menit per harinya ketika menggunakan media sosial.

Semantara dari segi usia pengguna media sosial tersebut, laporan ini memperlihatkan bahwa warga dengan rentang usia 25-34 tahun mendominasi, lalu ada kelompok usia di rentang 18 sampai 24 tahun.

Ini Medsos yang Paling Banyak diakses

Selanjuta dalam hasil laporan tersebut juga terungkap media sosial apa saja yang paling banyak diakses oleh pengguna internet yang ada di tanah air.

Sibutkan bahwa, saat ini media sosial besutan Mark Zukerberg, Facebook menempati urutan teratas medsos paling banyak digunakan oleh masyarakat internet Indonesia dengan total pengguna mencapai 140 juta, lalu disusul Youtube dengan 107 juta pengguna.

Baca Juga :  OJK Rilis Daftar 63 Startup Fintech Yang Telah Berizin

Berikut daftar medsos terpopuler di Indoensia:

  • Jumlah pengguna Facebook di Indonesia 140 juta
  • Jumlah pengguna YouTube di Indonesia 107 juta
  • Jumlah pengguna Instagram di Indonesia 85 juta
  • Jumlah pengguna Facebook Messenger di Indonesia 31 juta
  • Jumlah pengguna LinkedIn di Indonesia 17 juta
  • Jumlah pengguna Twitter di Indonesia 14,05 juta
  • Jumlah pengguna Snapchat di Indonesia 7,25 juta

Kendati demikian, yang membuat miris adalah tak ada satupun media sosial lokal buatan dalam negeri yang selama ini digembar-gemborkan sebagai karya anak bangsa yang populer di kalangan pengguna tanah air.

Pos terkait