oleh

Apple Mulai Produksi Komponen Penting Untuk iPhone 11

recode.ID – Rumor mengenai generesi penerus dari iPhone X sudah mulai santer terdengar. Smartphone besutan Apple yang merupakan seri iPhone 11 menurut berbagai informasi yang beredar, kini sudah mulai masuk masa produksi untuk beberapa komponennya.

Melansir dari laman T3,  pihak Apple di kabarkan telah memulai produksi salah satu elemen terpenting dari ponsel pintar andalannya yang sudah masuk ke seri yang kesebelas tersebut.

Di Sponsori Oleh:

Dalam laporannya, laman T3 menyebutkan jika rantai pasokan komponen iPhone 11 yang disebut-sebut merupakan chip A13 baru saja memasuki produksi percobaan dengan peningkatan produksi skala penuh yang direncanakan pada akhir bulan.

A13 sendiri merupakan chipset yang menurut rencana akan dibenamkan pada iPhone 11, dimana A13 adalah generasi penerus dari A12 Bionic yang merupakan otak dari iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR dan iPad Pro.

Sedianya, Chip A13 ini akan menggantikan A12 pada generai penerus dari seri iPhone yang kemungkinan akan diluncurkan dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2019 ini.

Seperti diketahui, para enginer di markas besar Apple merancang prosesor yang memberi daya pada perangkatnya sendiri, dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang akan memproduksi sistem-on-a-chip.

Perusahaan yang dikomandoi oleh Tim Cook tersebut telah meraih kesuksesan dengan serangkaian prosesor seri A-nya. Sebagai contoh, adalah iPhone XS yang diklaim sebagai smartphone yang paling kuat di pasaran saat ini dengan skor multi-core GeekBench 11265.

Sebagai bahan perbandingan mengenai kemampuan prosesor buatan Apple ini, adalah prosesor milik Huawei Mate 20 Pro dimana smartphone tersebut mendapatkan skor multi-core 9780. Huawei ditenagai oleh Kirin 980, yang dirancang oleh sendiri oleh pihak Huawei, ditambah dengan penggunaan RAM hingga 8GB.

Bandingkan dengan Apple yang hanya menggunakan 4GB RAM dengan chipset A12nya, namun mampu meraih skor yang lebih tinggi.

Skor benchmark sendiri, seperti Geekbench 4 misalnya, dirancang untuk membantu pengguna dengan cepat membandingkan kinerja antara perangkat yang berbeda pada platform yang berbeda pula.

Terlepas dari merek chipset dan sistem operasi yang digunakan, jika semakin tinggi nilai skor yang muncul maka akan semakin baik kinerja prosesor dimaksud.

Jadi, dengan melihat kemampuan dan skor GeekBench yang di hasilkan oleh A12, maka tak heran jika nantinya seri A13 sebagai otak komponen iphone 11 akan memiliki kinerja yang cukup mengagumkan, dimana A13 diharapkan menjadi lebih kuat dan hemat daya dibandingkan pendahulunya.

Sementara itu, dalam bocoran informasi lainnya, seri iPhone 11 akan memperkenalkan sistem dengan tiga kamera yang dibekali dengan lensa ultra lebar baru.

Pihak Apple juga dikabarkan akan menambahkan sensor ketiga ke dalam kamera dimana hal ini akan memaksa Apple untuk mendesain ulang benjolan kamera berbentuk pil yang ditampilkan pada iPhone XS dan iPhone XS Max.

Apple diyakini juga akan memperkenalkan fitur pengisian nirkabel terbalik, sehingga pemilik perangkat AirPod dapat mengisi daya dari bagian belakang handset mereka. Sepintas mirip dengan apa yang diperkenalkan oleh brand kompetitor di perangkat Samsung pada seri Galaxy S10 dan Galaxy Buds.

Penasaran ? tunggu saja informasi lebih lanjut mengenai kehadiran iPhone 11 hanya di recode.ID

(azzahra)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya