Khusus Nakes, Begini Cara Daftar Vaksinasi Lewat WA

Khusus Nakes, Begini Cara Daftar Vaksinasi Lewat WA

recode.ID –  Terkhusus untuk para tenaga kesehatan atau Nakes, Pemerintah melalui Kemenkes bekerja sama dengan Kemkominfo telah menyediakan layanan untuk cara daftar vaksinasi COVID-19, salah satunya adalah melalui chatbot WhatsApp.

Dengan adanya sistem registrasi yang simple lewat layanan WhatsApp seperti ini, adalah sebagai bentuk layanan dari Kemenkes yang bekerja sama dengan Kemkominfo untuk mempermudah penerima vaksinasi melakukan registrasi di manapun dan kapanpun hanya melalui perangkat smartphone.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menkominfo Johnny G Plate, “Kini lebih mudah. Mereka mengisi di WhatsApp ini dan diteruskan ke sistem satu data vaksin dalam bentuk teks”.

“Data yang diterima masuk menjadi database dan divalidasi Sistem Satu Data. Jika data yang dimasukkan valid, maka selanjutnya registrasi dilakukan lewat pedulilindungi.id, aplikasi pedulilindungi dan UMB *119#,” jelas Menkominfo lebih lanjut.

[irp posts=”5711″ name=”Aplikasi PeduliLindungi untuk Lacak Covid-19, Install Sekarang”]

Namun perlu diingat, cara daftar vaksinasi lewat WA ini hanya diperuntukan bagi tenaga kesehatan, dan bukan ditujukan untuk masyarakat umum.

Oleh karena itu, jika Anda termasuk salah satu Nakes yang berhak menerima vaksinasi ini berikut akan redaksi jelaskan secara rinci bagaimana proses pendaftaran tersebut agar jangan sampai terdapat kekeliruan.

Cara Daftar Vaksinasi Lewat WA Untuk Nakes

Mengutip dari laman website resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, berikut ini adalah cara registrasi untuk menerima vaksinasi Covid-19 lewat WhatsApp khusus untuk para tenaga kesehatan.

  1. Silahkan simpan dalam kontak Anda nomor WA Kemenkes berikut ini 081110500567
  2. Selanjutnya, silahkan kirim pesan dengan mengetikan “Vaksin”, tanpa tanda kutip lalu tekan Send/Kirim
  3. Nantinya, akan ada balasan dari nomor tersebut berupa pertanyaan untuk memastikan Anda adalah tenaga kesehatan.
  4. Balas saja dengan mengetikan Ya untuk melanjutkan proses pendaftaran
  5. Selanjutnya Anda akan menerima balasan kembali dan diminta untuk memasukan enam digit terakhir dari Nomor NIK Anda.
  6. Jika NIK yang Anda masukan terdaftar, maka chatbot akan memberikan konfirmasi lokasi vaksinasi
  7. Kemudian chatbot membagikan jadwal vaksinasi untuk Anda konfirmasi
  8. Setelah dikonfirmasi, selanjutnya chatbot akan memberikan tiket berisikan QR Code serta video bagaimana cara kerja vaksinasi tersebut.

[irp posts=”5666″ name=”Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Covid19.go.id”]

Selain pendaftaran yang dilakukan lewat WA seperti yang sudah redaksi jelaskan diatas, apabila Anda, atau kerabat Anda yang berprofesi sebagai Nakes bisa juga melakukan pendaftaran melalui:

  • SMS Blast PEDULICOVID
  • Email: vaksin@pedulilindungi.id
  • Website resmi pedulilindungi.id
  • Call/UMB *119#
  • Hotline: 119 ext 9

Kesimpulannya, dari berbagai cara daftar vaksinasi yang sudah disediakan oleh pemerintah, penggunaan WhatsApp redaksi nilai adalah cara yang paling simple dan paling mudah dilakukan.

[irp posts=”6276″ name=”Ratusan Ribu Data Tes COVID-19 Warga Indonesia Bocor”]

Karena aplikasi perpesanan ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup sering digunakan sehari-hari, sehingga cukup familiar, efektif dan cepat.

Demikian informasi mengenai cara daftar vaksinasi lewat WA khusus untuk para tenaga kesehatan. Bagikan informasi penting ini kepada teman, saudara ataupun siapa saja  yang berprofesi sebagai Nakes agar bisa segera mendaftar agar segera dilakukan suntikan vaksinasi.

Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, dan Indonesia serta dunia bisa sehat kembali seperti sedia kala.

Penulis: Firdhia Azzahra
Editor: Andra

Pos terkait