oleh

infomudik.go.id, Portal Informasi Mudik 2018 Hasil Kerja Sama Pemerintah Dengan Google

recode.ID – Lebaran tahun 2018 tinggal 9 hari lagi. Banyak para warga yang siap-siap untuk mudik ke kampung halaman, terutama mereka yang bekerja mengadu nasib di kota-kota besar seperti Jakarta dan juga di luar pulau Jawa.

Untuk mengahadapi arus mudik tahun ini, Pemerintah dalam hal ini Staf Khusus Kepresidenan (KSP) di kabarkan tengah meluncurkan sebuah portal website yang berisi informasi arus mudik 2018.

Portal yang beralamat di http://infomudik.go.id ini di siapkan oleh KSP untuk membantu para pemudik menemukan jalan terbaik untuk pulang ke kampung halaman dengan aman dan selamat.

Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/6/2018) mengatakan “Satu terobosan baru yang dilakukan KSP untuk mudik lebaran 2018 adalah pembuatan portal terpadu khusus untuk para pemudik. Nama portal itu adalah infomudik.go.id,” Jelas Moeldoko seperti di kutip dari Liputan6.

Portal ini di harapkan bisa menjadi sumber informasi yang valid bagi pamudik. Dengan infomudik.go.id, para pemudik akan dapat informasi rute terbaik untuk jalur mudik serta informasi lainnya yang berkaitan dengan arus mudik 2018 ini.

Portal infomudik.go.id terbilang sangat komprehensif, karena menawarkan layanan informasi terpadu yang di intregasikan dengan sumber informasi dari Kementerian Perhubungan, BUMN, sampai BMKG, sehingga informasi yang di peroleh pemudik lebih akurat.

Selain itu, pemudik akan di permudah mencari informasi seperti lokasi rest area, BUMN atau lembaga yang sedang mengadakan layanan mudik gratis dan juga informasi rute terbaik lewat Google Maps.

Bekerja sama dengan raksasa teknologi Google, KSP mengintregasikan portal infomudik.go.id dengan layanan Google Maps sehingga pemudik akan lebih dimudahkan dalam mencari rute tercepat maupaun lokasi-lokasi rest area di sepanjang perjalanan arus mudik 2018 ini.

Tak ketinggalan pula, informasi-informasi terkini seputar mudik mulai lokasi-lokasi kemacetan, tips mudik baik lewat darat,laut maupun udara juga tersedia dalam satu link saja.

Dalam portal ini juga di sediakan nomor darurat yang bisa dihubungi ketika para pemudik sedang mengalami masalah di jalan sepanjang perjalan pulang ke kampung halaman.

“Semua K/L (Kementrian dan Lembaga) bekerja keras untuk menyukseskan mudik 2018 menjadi mudik yang lancar, aman, dan nyaman. Ini adalah wujud komitmen pemerintahan Presiden Jokowi yang selalu mengutamakan rakyat dalam setiap kebijakan dan program prioritas nasional yang dilakukan,” tegas Moeldoko di akhir pesannya.

(andra/rcd)

Silahkan Download Aplikasi Baca Berita recodeApps Melalui Google Play Store Untuk Akses Berita Lebih Cepat Di Smartphone Android Anda.


Topik Menarik Lainnya