Beberapa Istilah Populer di WhatsApp yang Harus Kalian Tahu

Beberapa Istilah Populer di WhatsApp yang Harus Kalian Tahu

recode.ID – Bagi pengguna aplikasi pesan instant WhatsApp pasti sering melihat lawan chat kita mengirim pesan yang sebagian dari kita belum paham maknanya. Misal, Ping, VC, TC, PC, PM, Up, dan juga beberapa istilah  populer di WhatsApp lainnya.

Istilah-istilah tersebut kerap di gunakan oleh pengguna dari kalangan anak muda. Namun begitu, masih banyak di antara pengguna yang masih awam dengan istilah-istilah kekinian tersebut.

Muat Lebih

Daripada kalian di ejek gak gaul karena tidak mengerti dengan istilah-istilah tersebut, ada baiknya kalian cari tahu arti dari beberapa istilah istilah  populer di WhatsApp berikut ini.

Arti Dari Beberapa Istilah Populer di WhatsApp

Berikut ini adalah arti dari beberapa istilah yang kerap kali kita jumpai dalam percakapan di WhatsApp:

Baca Juga :  Gojek Jadi StartUp Pertama Di Indonesia Dengan Status Decacorn

Arti Ping

Istilah Ping lebih dulu dikenal sebagai istilah yang cukup populer untuk aplikasi perpesanan BBM pada saat aplikasi smartphone BlackBerry tersebut masih berjaya.

Kata Ping digunakan untuk mengetahui apakah lawan chat kita sedang online atau tidak. Secara default tombol ping sudah terdapat di aplikasi BBM.

Namun, untuk pengguna WhatsApp, Ping diketikan secara manual lalu dikirim ke lawan chat sebagai tanda untuk mengecek apakah lawan chat tersebut sedang aktif atau offline.

Arti PM

Ini adalah istilah yang paling sering kita temui, tidak hanya di WhatsApp tetapi juga di platform media sosial lain seperti facebook.

PM merupakan kependekan dari Private Message yang berarti pesan pribadi. Istilah ini sering dijumpai saat kita menanyakan sesuatu yang sifatnya rahasia.

Misal, kita menanyakan harga suatu barang di grup jual beli dengan anggota grup lain, maka sering kali akan memperoleh jawaban “silahkan PM untuk detail harganya” atau “harganya di PM yaa“.

Arti PC

Dalam keseharian istilah PC mungki kita mengenalnya untuk sebutan personal computer. Namun untuk istilah populer di WhatsApp, PC memiliki arti Private Chat.

Baca Juga :  Makin Mudah, Kirim DM Instagram Kini Bisa Lewat Desktop

Artinya kurang lebih sama dengan arti PM diatas. Jadi ketika ada yang mengirim anda pesan di grup WA misalnya “Lanjut PC yuk, ” itu berarti dia ingin melajutkan obrolan di privat chat atau obrolan pibadi

Arti VC

Untuk istilah yang satu ini ada dua makna yang bisa disimpulkan, yakni Video Call (panggilnag video) atau Voice Call (panggilan suara/telpon) tergantung situasi atau bahasan apa yang sedang dibicarakan.

Jadi ketika ada yang mengirim pesan misalnya” VC yuk” mungkin anda bisa menanyakan kembali maksudnya apakah panggilan video atau hanya telpon biasa saja.

Arti VN

Berikutya ada istilah VN. Istilah ini mengacu ppada kata Voice Note atau catatan suara. Ini juga bisa diartikan sebagai pesan suara yang kita kirim atau terima.

Di aplikasi WhatsApp sendiri memang menyediakan fitur untuk mengirim pesan suara. Alih-alih mengetik, dengan pesan suara informasi yang kita kirim ke lawan bicara bisa tersampaikan dengan lebih jelas.

Ingat, Voice Note berbeda dengan Voice Call.

Arti TC

Pernah dapat broadcast message yang isinya TC saja. Itu berarti si pengirim pesan sedang melakukan test contact. Ia hanya ingin memastikan kontak mana saja yang masih aktif didaftar pertemanannya.

Baca Juga :  WhatsApp Tak Lagi Bisa Di gunakan Di BlackBerry Dan Windows Phone

Sekilas, TC memiliki kesamaan fungsi dengan Ping yang sudah dijelaskan diatas.

Arti Huruf P

Ini juga sering kita jumpai di awal chat atau obrolan pribadi. Biasanya pesan berupa hurup P kapital mengawali pesan yang akan dikirim.

P berartin Ping, sama seperti yang sudah dijelaskan di awal. Namun, mengirim pesan dengan awalan huruf P dianggap tidak sopan, terutama kepada orang baru atau yang lebih tua.

Jika kita baru pertama kali mengirim pesan ke orang baru, sebaiknya langsung gunakan salam pembuka, misal selamat pagi,siang atau sore atau bisa juga dengan mengucap salam “Assalamualaikum”.

Demikian informasi mengenai arti dari beberapa istilah populer di WhatsApp yang sering kita jumpai namun kita belum paham apa maknanya.

Semoga dengan artikel kali ini, kita jadi lebih tahu jika suatu saat ada yang mengirim kita pesan dengan isi seperti yang sudah di jelaskan di atas.

(azzahra)

Pos terkait