10 Tips Membuat Konten Menarik Sesuai kebutuhan Audiens

  • Whatsapp
10 Tips Membuat Konten Menarik Sesuai kebutuhan Audiens

recode.ID – Anda pelaku bisnis online? Sudah saatnya Anda tahu bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk audiens. Konten yang menarik juga bagus untuk promosi dan pemasaran via email hosting murah pada online shop Anda.

Konten bisa menjadi senjata pemasaran yang ampuh. Maka dari itu, kenali tips bagaimana cara membuat konten yang menarik untuk audiens.

Bacaan Lainnya

Dalam membuat sebuah konten yang baik, diperlukan beberapa kiat khusus agar konten yang dihasilkan bisa tepat sasaran, efektif dan tentunya informatif.

Kendati demikian, masih banyak di antara mereka para pelaku bisnis ini belum memahai bagaimana membuat sebuah konten promosi yang menarik.

Cara Membuat Konten Menarik untuk Audiens Bisnis Online

Pada kesempatan kali ini redaksi akan memberikan tips bagaimana membuat sebuah konten promosi yang bisa menarik minat audiens untuk mengenali produk kita lebih dalam.

  1. Mengenal Target Audiens  

Mengenal siapa target audiens Anda adalah langkah pertama untuk bisa membuat sebuah konten yang menarik. Ketahuilah siapa target audiens Anda. Dengan mengenalinya, Anda bisa membuat konten yang menarik dan terarah.

Kenali audiens sebaik mungkin. Riset secara mendalam audiens Anda agar menemukan fakta yang akurat tentang mereka.

Untuk mengenali target audiens, silahkan lakukan riset pasar terlebih dahulu. Cara riset juga sangat penting sekali untuk jual beli di toko online. Pasalnya, audiens yang terarah juga berpeluang menjadi customer setia Anda.

Salah satu contoh hasil dari riset target audiens yaitu mengetahui media sosial yang sering mereka gunakan. Setelah mengetahui media sosial apa yang dipakai oleh target audiens, maka mudah untuk mem-posting konten Anda.

Baca Juga :  Ingat, Jangan Posting 5 Hal Ini di Sosial Media Anda

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui ketertarikan mereka terhadap suatu konten. Dengan begitu, konten yang Anda buat akan jauh lebih terarah.

  1. Buat Konten yang Original

Mencari inspirasi konten dari tempat lain, seperti dari kompetitor merupakan hal yang wajar. Namun, yang tidak boleh dilakukan adalah menjiplak konten milik pihak lain. Buatlah konten yang original.

Anda bisa mencari ide dari konten yang sudah ada. Atau bisa juga mengembangkan ide yang fresh yang belum ada jika Anda kompeten dalam bidang terkait. Buat juga konten yang unik agar menjadi ciri khas.

Konten yang original juga dapat menarik perhatian target audiens. Pasalnya, orisinalitas akan membuat konten menjadi lebih menarik.

  1. Riset Konten Milik Kompetitor

Kompetitor bisa Anda manfaatkan untuk mencari inspirasi konten yang menarik. Perhatikan jenis konten apa yang disukai oleh audiens atau customer kompetitor Anda. Dari data ini, sedikit banyaknya Anda akan tahu jenis konten yang menarik.

Cara mengetahui informasi konten milik kompetitor cukup mudah. Silahkan Anda cari tahu melalui website hingga media sosial yang selalu mereka gunakan. Cek satu per satu materi yang mereka buat.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Mesin Sensor Konten Negatif Kemkominfo

Jika Anda tahu bagaimana cara SEO (Search Engine Optimization) bekerja, cek juga kata kunci apa yang mereka gunakan. Analisa ini penting agar mudah membuat konten sesuai kebutuhan audiens.

  1. Buat Konten yang Memiliki Benefit

Selain menarik, perhatikan juga aspek keuntungan atau benefit yang ada pada konten. Artinya konten yang Anda buat juga harus bermanfaat untuk para pembaca atau audiens. Namun, tetap perhatikan juga relevansi antara konten dan produk Anda.

Contohnya, jika Anda menawarkan layanan paket wisata, buatlah konten yang relevan. Buat konten yang menarik dan memiliki benefit. Contohnya seperti konten seputar rekomendasi tempat wisata menarik dengan harga murah.

Konten yang memiliki benefit juga dapat menambah wawasan pembaca. Inilah yang menjadi nilai tambah di samping kualitasnya yang menarik.

  1. Pilih Media yang Tepat

Ada banyak sekali media yang bisa digunakan untuk mem-posting konten yang sudah dibuat. Mulai dari media sosial hingga website menggunakan hosting murah. Silahkan pilih sesuai dengan yang Anda miliki.

Namun, tidak semua konten mungkin cocok dengan semua media. Beberapa di antaranya mungkin hanya cocok untuk salah satu media saja.

Contohnya seperti media sosial yang cocok untuk konten dengan jumlah kata yang terbatas dan informasi yang padat. Contoh lainnya seperti konten giveaway yang hanya cocok untuk media sosial.

Baca Juga :  Mau Jualan Online kamu Laris?, Coba Terapkan 5 Cara Ini

Kesimpulannya, silahkan Anda cocokan terlebih dahulu konten yang akan dibuat sesuai media yang digunakan. Jangan sampai Anda salah memilih materi konten.

  1. Konten Harus Memiliki Karakter yang Kuat

Untuk menjadi ahli dalam membuat konten memerlukan proses belajar dan jam terbang yang cukup. Kendati demikian, ada beberapa poin yang bisa Anda catat terkait cara membuat konten menarik dan berkarakter.

Poin-poin tersebut yaitu memasukkan unsur informatif, lucu, menghibur, edukatif, menyentuh hati dan inspiratif.

Poin-poin di atas memang tidak perlu Anda masukan semuanya pada konten. Beberapa di antaranya cukup dijadikan bumbu saja. Contohnya untuk konten yang edukatif yang tidak mungkin dicampur dengan hal yang lucu.

  1. Strategi dan Perencanaan yang Matang

Anda pasti ingin konten yang sudah dibuat mendapatkan respon yang besar, bukan? Jangan sia-siakan waktu Anda untuk membuat konten yang mendapatkan respon tidak memuaskan.

Maka dari itu, buatlah perencanaan dan strategi yang matang. Jangan asal membuat konten, terutama konten ini untuk kebutuhan bisnis.

Baca Juga :  Agar Tak Kena Tipu, Yuk Kenali 4 Ciri-Ciri Toko Online Palsu Berikut Ini

Lakukan riset terlebih dahulu.  Rencanakan jenis konten apa yang akan dibuat. Pastikan juga jenis konten apa yang sangat disukai oleh audiens atau customer produk/layanan yang Anda tawarkan.

  1. Memperhatikan Detail yang Kecil  

Ada beberapa detail kecil yang biasanya dilupakan saat membuat dan mendistribusikan konten. Salah satu contohnya seperti penggunaan tagar untuk jenis konten media sosial.

Tahukah Anda, bahwa tagar merupakan hal kecil yang berpengaruh besar pada bisnis online? Tagar yang banyak diikuti dan banyak dicari, dapat memudahkan audiens untuk menemukan produk maupun konten Anda.

  1. Variasikan Jenis Konten

Orang cenderung mudah bosan dengan konten itu-itu saja. Itulah alasannya kenapa Anda harus mencoba berbagai variasi jenis konten namun tetap pada niche atau tema yang sama.

Ada banyak jenis konten, mulai dari konten informatif, edukatif, story telling, giveaway, dan masih banyak lainnya. Agar tidak kaku, silahkan coba variasikan saja agar audiens tidak mudah bosan namun tetap relevan dengan produk/jasa yang ditawarkan.

  1. Ketahui Jadwal yang Tepat untuk Posting

Siapa saja bebas untuk mem-posting konten sesuai waktu yang diinginkan. Namun, mem-posting konten di waktu yang sembarangan bisa menjadi kurang efektif.

Waktu yang kurang tepat hanya akan membuat konten Anda tidak dilihat oleh audiens. Alasannya karena mereka sibuk untuk membuka smartphone atau komputer.

Baca Juga :  Mau Online Shop Ramai Pembeli ?, Coba Tips Berikut Ini

Alangkah baiknya Anda posting pada jam-jam istirahat. Atau pada jam ketika audiens membuka smartphone maupun laptop miliknya. Jam-jam tersebut yaitu di siang hari (12 siang) atau sore dan malam hari.

Memilih waktu yang tepat sangat penting. Tujuannya agar konten yang Anda posting berpotensi untuk dibaca oleh audiens. Hal ini sangat penting agar banyak audiens yang melihatnya.

Kesimpulan

Saat ini konten menjadi bagian penting dalam pemasaran digital atau e-commerce. Semakin menarik konten yang dibuat, maka akan semakin banyak audiens yang menyukainya. Audiens tertarget yang menyukai konten Anda berpotensi menjadi customer.

Konten yang Anda buat juga bisa mengonversi audiens menjadi pembeli. Itu artinya, dengan mengimplementasikan tips yang sudah kami bagikan, Anda juga bisa meningkatkan potensi keuntungan bisnis pada bidang toko online.

Baca Juga :  Jadi korban Penipuan Belanja Online?, Segera Ambil Tindakan Berikut

Tips membuat konten untuk kebutuhan audiens di atas dapat membantu Anda untuk menarik perhatian audiens. Bisa Anda implementasikan untuk kebutuhan konten hosting murah untuk website, hingga media sosial. Selamat mencoba.

Pos terkait