Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS yang Sebaiknya Anda Tahu

Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS yang Sebaiknya Anda Tahu

recode.ID РMengenali berbagai kelebihan dan kekurangan Chrome OS wajib diketahui sebelum Anda memutuskan untuk membeli perangkat Chromebook.

Alasannya tentu karena masing-masing orang punya kebutuhan berbeda. Terlebih, spesifikasi yang ditawarkan Chrome OS mungkin tidak kompatibel dengan program yang ingin digunakan.

Sehingga dengan lebih awal mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa menentukan apakah perangkat Chromebook ini cocok untuk Anda atau tidak.

Karena seperti kita tahu, Chrome OS sendiri adalah sistem operasi yang dirancang khusus oleh Google untuk perangkat Chromebook yang memang di peruntukkan bagi kalangan pelajar.

Sejarah Singkat Chrome OS

Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS yang Sebaiknya Anda Tahu

Google mengembangkan Chrome OS pada 2010 berbasis Linux yang mampu berjalan secara eksklusif dan terintegrasi dengan aplikasi di Google Play.

Mengutip penjelasan yang dimuat dalam laman resmi Google terkait sistem operasi besutan mereka ini, dari segi tampilan dan fitur, Chrome OS sangat identik dengan browser Google Chrome.

Namun, tidak semua perangkat bisa menjalankan sistem operasi ini. Chrome OS hanya kompatibel dengan Chromebook yang dirilis oleh beberapa brand ternama, seperti Lenovo, Asus, Acer, hingga Samsung.

Jadi intinya, sejarah Chrome OS berawal dari tahun 2010 dan masih bertahan hingga saat ini. Bahkan, dengan berkembangnya teknologi, pilihan Chromebook terbaik semakin ramai di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS

Berbeda dari Windows atau MacOS, saat pertama kali menghidupkan perangkat dengan sistem operasi Chrome OS, Anda harus masuk menggunakan akun Google. Yaps, secara garis besar sama seperti membeli hp Android baru.

Jika tertarik dengan fitur yang ditawarkan, mungkin Anda perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan Chrome OS agar bisa mempertimbangkan dari sisi positif dan negatif.

Kelebihan Chrome OS

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Chrome OS yang jadi pertimbangan jika ingin membeli perangkat Chromebook:

  • Harga Lebih Terjangkau

Kalau dibandingkan laptop Windows, harga Chrome OS sedikit lebih terjangkau. Hal ini karena program dan sistem di dalamnya sangat terbatas. Namun masih terbilang bagus untuk menjalankan program bawaan Google.

Saat ini banyak brand laptop yang memproduksi Chromebook dengan harga dan spesifikasi berbeda. Misalnya Lenovo Chromebook Duet di harga Rp4 juta dan HP G11 Core M 13 inci sekitar Rp3 jutaan.

  • Kinerja Sistem Sangat Lancar

Selanjutnya, kelebihan Chrome OS ada pada kinerja sistem yang terbilang sangat lancar ketika menjalankan program atau membuka aplikasi.

Bahkan, saat melakukan booting atau mematikan perangkat, prosesnya tidak lebih dari 30 detik.

  • Terintegrasi dengan Perangkat Android

Karena dikembangkan oleh Google, semua perangkat dengan sistem operasi Chrome OS terintegrasi dengan Android.

Jadi, Anda bisa mengunduh aplikasi dan game dari Google Play tanpa perlu menggunakan BlueStacks.

  • Keamanan dan Privasi Terjamin

Google menambahkan beberapa fitur keamanan pada Chrome OS sehingga pengguna tak perlu khawatir saat membuka situs atau menjalankan aplikasi.

Ini termasuk kelebihan Chrome OS yang sangat berguna di era digital seperti sekarang ini.

Kekurangan Chrome OS

Selain berbagai kelebihan yang ditawarkan, mengenali kekurangannya juga sebaiknya Anda ketahui untuk meyakinkan apakah memang perangkat Chromebook ini cocok dengan apa yang Anda butuhkan.

  • Ruang Penyimpanan Terbatas

Meskipun dilengkapi segudang kelebihan, namun penggunaan Chrome OS dirasa masih sangat terbatas.

Mengingat sebagian besar Chromebook hanya punya sedikit ruang penyimpanan, yakni RAM 4GB dan memori internal 32GB.

  • Tidak Cocok untuk Gaming

Kekurangan Chrome OS selanjutnya ada pada kapasitas RAM yang terbatas. Oleh sebab itu, kinerjanya kurang optimal kalau digunakan untuk aktivitas gaming.

Namun, Anda masih bisa memainkan game ringan yang tersedia di Google Play.

Selain itu, karena merupakan perangkat dengan sistem operasi Chrome OS milik Google, Chromebook tidak mendukung segala jenis software pihak ketiga. Pengguna hanya diizinkan mengakses aplikasi dari Google Play.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Chrome OS lebih mudah dipahami karena berbasis browser Chrome dan menggunakan semua program dari Google. Hanya saja, perangkat dengan Chrome OS kurang powerful untuk melakukan aktivitas berat.

Jadi, kalau Anda berencana membeli Chromebook dalam waktu dekat, mungkin beberapa kelebihan dan kekurangan Chrome OS pada ulasan di atas bisa jadi referensi.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Penulis: Ikhsan Aufa
Editor: Andra

Pos terkait